PB PTMSI Gelar Kejurnas Tenis Meja-Pelatihan Wasit dan Pelatih Nasional

PB PTMSI Gelar Kejurnas Tenis Meja-Pelatihan Wasit dan Pelatih Nasional

Peserta pelatihan wasit dan pelatih nasional PB PTMSI di Baywalk Mall, Puit, Jakarta Utara. foto: istimewa--

PB PTMSI Gelar Kejurnas Tenis Meja-Pelatihan Wasit dan Pelatih Nasional

JAKARTA, oganilir.co - Pengurus Besar Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PBPTMSI) menggelar Pelatihan Wasit, Pelatihan Pelatih, dan Kejuaraan Nasional Tenis Meja 22-30 Juni 2024 di Baywalk Mall Pluit, Jakarta Utara.

Ketua Umum PB PTMSI Peter Layardi Lay melalui panitia Danny Rotinsulu menuturkan bahwa tiga agenda PB PTMSI tersebut dilaksanakan di satu tempat. Yakni di Baywalk Mall Pluit, Jakarta Utara. Pelatihan wasit dan pelatih digelar selama dua hari, yakni pada 22-23 Juni. Ada 44 peserta pelatihan wasit dan 48 peserta pelatihan pelatih dari seluruh Indonesia.

"Hampir semua Pengprov PTMSI seluruh Indonesia mengutus pesertanya mengikuti pelatihan wasit dan pelatih," kata Danny Rotinsulu saat dihubungi oganilir.co, Ahad 23 Juni 2024.

Pelatihan wasit, lanjut Danny, ada dua pelatihan yang digelar. Yakni pelatihan wasit A dan B nasional. Khusus wasit provinsi yang mengikuti pelatihan wasit nasional B. Sedangkan wasit nasional yang sudaha memiliki sertifikat B mengikuti pelatihan untuk mengambil sertifikat A nasional.

BACA JUGA:Salsa, Juara Tenis Meja Specta Jateng 2024

"44 peserta pelatihan wasit nasional itu ada yang mengikuti  atau mengambil sertifikat A dan B," ujarnya. 

Masih kata Danny, materi pelatihan wasit dilaksanakan selama dua hari. Yakni pada 22-23 Juni. Setelah itu peserta akan melaksanakan praktik memimpin kejuaraan nasional yang akan digelar pada 24-30 Juni 2024. 

"Jadi peserta langsung praktek," jelasnya. 

Sementara itu Wakil Ketua Umum I PB PTMSI Rudalof A Pattiasina menambahkan bahwa materi yang disampaikan pada pelatihan wasit nasional lebih banyak ke peraturan lebih mendetail. Seperti wasit harus memeriksa blade pemain sebelum bertanding, etika memimpin pertandingan, dan peraturan lainnya yang diatur oleh ITTF. 

"Materi pelatihan hampir sama dengan pelatihan wasit provinsi. Hanya saja pelatihan wasit nasional, materinya lebih detail," kata Rido, -panggilan Rudalof A Pattiasina saat dihubungi oganilir.co. 

Sumber: