BPOM Sumsel-PEP Adera Field Sosialisasikan Penerbitan Izin Edar Produk Mitra Binaan

BPOM Sumsel-PEP Adera Field Sosialisasikan Penerbitan Izin Edar Produk Mitra Binaan

Foto Istimewa --

BPOM Sumsel-PEP Adera Field Sosialisasikan Penerbitan Izin Edar Produk Mitra Binaan

OGANILIR.CO-PALI-Kerja bareng PT Pertamina EP (PEP) Adera Field dengan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Sumatera Selatan (Sumsel)  mengadakan sosialisasi tata cara penerbitan izin edar untuk peningkatan hilirisasi industri rumah tangga kepada kelompok binaan PEP Adera Field.

Kegiatan yang diikuti 30 peserta berlangsung di Balai Desa Pengabuan, Kecamatan Abab, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), pada Selasa , 2 Juli 2024 lalu .

Para peserta merupakan perwakilan dari dua kelompok binaan yaitu Kelompok Binaan Selaras Alam Desa Pengabuan dan Kelompok Binaan Cakra Alam Desa Pengabuan Timur.

BACA JUGA:Pertamina Gelar Seminar Internasional

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mitra binaan terhadap tata cara pengurusan perizinan produk, dokumen registrasi yang harus disiapkan untuk pengajuan perizinan, pembangunan rumah produksi sesuai standar BPOM, dan alat kerja serta alur produksi yang sesuai dengan ketentuan BPOM. 

BPOM Sumatera Selatan (Sumsel)  yang diwakili oleh Aquirina Leonara. SSi., Apt., dan Sherly Pratama, S.Farm., Apt., sebagai narasumber menjelaskan terkait overview peran BPOM sebagai Lembaga yang bertugas melakukan pengawasan terhadap obat dan makanan, alur pengajuan perizinan, serta mekanisme produksi yang sesuai dengan aturan dan standar yang berlaku untuk memperoleh izin edar produk dari BPOM.  

Kegiatan dibuka langsung oleh Field Manager Adera, Adam S. Nasution, dalam sambutannya Adam menyampaikan bahwa PEP Adera Field melalui komitmen pelaksanaan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) kepada masyarakat yang berada disekitar wilayah operasional perusahaan terus mengupayakan langkah terbaik untuk memberikan kontribusi optimal dan kebermanfaatan kepada masyarakat. 

BACA JUGA:Pekerja Pertamina EP Pendopo Field Ikuti Rangkaian Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

“PEP Adera Field juga menjalin kerja sama dengan para pemangku kepentingan untuk mendukung peningkatan kualitas mitra binaan dalam pelaksanaan program pengembangan masyarakat sehingga berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat sekitar perusahaan,” pungkas Adam.

Kepala Desa Pengabuan, Supriyanto, mengucapkan terima kasih atas kepedulian dan kerja sama yang terus terjalin. “Terima kasih kepada PEP Adera Field yang terus berkomitmen membina kelompok perempuan yang ada di desa kami, semoga pendampingan dari PEP Adera Field dapat menambah pengetahuan masyarakat kami dan secara jangka Panjang, sehingga harapan kami bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. 

PEP Adera Field telah melakukan pendampingan kepada kedua kelompok binaannya yakni Kelompok Perempuan Selaras Alam dan Kelompok Cakra Alam sejak tahun 2021. Pembinaan kepada kelompok dilakukan sesuai dengan program kerja jangka panjang pada program TJSL PEP Adera Field untuk menjamin keberlanjutan dampak dari program yang dilaksanakan. (**)

 

Sumber: