Tiga Hari Siswa Baru SMAN 1 Indralaya Utara Ikuti MPLS

Tiga Hari Siswa Baru SMAN 1 Indralaya Utara Ikuti MPLS

MPLS di SMAN 1 Indralaya Utara --

Tiga Hari Siswa Baru SMAN 1 Indralaya Utara Ikuti MPLS

OGANILIR.CO-Sebanyak 180 siswa baru SMAN 1 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), pada hari pertama masuk sekolah harus mulai mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

MPLS berlangsung selama 3 hari dengan berbagai materi kegiatan yang diberikan oleh pihak lembaga sekolah,  MPLS sendiri  merupakan periode penting bagi siswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru.

Dengan tujuan memperkenalkan siswa pada budaya, norma, dan tata tertib sekolah, serta membantu mereka beradaptasi dengan lingkungan dan teman-teman baru.

BACA JUGA:SMAN 1 Indralaya Utara Gelar Sosialisasi Mapel, Berdasarkan Personal Learning Plan

“Melalui MPLS, siswa baru akan diperkenalkan dengan budaya dan nilai-nilai sekolah, termasuk norma-norma perilaku yang diharapkan dari para siswa. Pemahaman tentang nilai-nilai ini membantu siswa untuk lebih mudah berintegrasi dengan lingkungan sekolah dan menerapkan perilaku yang sesuai dengan budaya sekolah,’’kata Kepala Sekolah SMAN 1 Indralaya Utara Drs Thohir Hamidi MSi didampingi Waka Bidang Humas Komaini SPd.

Dijelaskan Drs Thohir Hamidi, MPLS  berlangsung selama 3 hari , yakni Senin 15 Juli hingga Rabu 17 Juli 2024,’’Pada hari Senin MPLS dibuka dengan menggelar upacara ,’’kata Drs Thohir Hamidi.

Selama 3 hari pelaksanaan MPLS, materi dan serangkaian kegiatan  dilakukan  oleh internal para dewan guru, dan eksternal melibatkan instansi dari luar seperti Badan Narkotika Nasional (BNN) Ogan Ilir dengan memberikan materi ‘Say No To Drugs’ alias Tidak Pada Narkoba.

BACA JUGA:Catat, ini Jumlah Anggaran KUA PPAS Pemkot Prabumulih Tahun 2025

Pada hari pertama juga  para siswa  diberikan sosialiasi kegiatan kesiswaan, mental Health dan Wawasan Wiyatamandala.

Lalu dihari kedua lanjut Drs Thohir Hamidi, para siswa diberikan pembekalan Berprestasi dan Berakhlak Mulia, Memaksimalkan Potensi Mencapai Tujuan Akademik dan Pengembangan Pribadi, lalu materi Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Landasan Utama dalam Membangun Indonesia sebagai Bangsa Kuat dan Berdaya Saing di Dunia.

“Kita juga memberikan materi Tata Krama siswa, Etika Sopan Santun dalam Kehidupan Sehari-hari’’Lanjut Drs Thohir Hamidi.

BACA JUGA:Ini Kronologi Kades Air Solok Batu Bacok Warga

Dan dihari ketiga kata Drs Thohir Hamidi, pada siswa menerima materi kegiatan, yakni Pendidikan Karakter Membangun Masyarakat, Kepramukaan dan Latihan Taknik Baris Berbaris  dan Fun Game (Sid)

Sumber: