Peringati HUT Kemerdekaan RI ke-79, Jokowi Irup di IKN, Ma'ruf Amin di Istana Merdeka

Peringati HUT Kemerdekaan RI ke-79, Jokowi Irup di IKN, Ma'ruf Amin di Istana Merdeka

Istana Garuda IKN. foto: antara--

oganilir.co - Hari ini Sabtu 17 Agustus 2024, Presiden RI Joko Widodo akan menjadi inspektur upacara pada peringatan HUT Kemerdekaan di Ibu Kota Nusantara (IKN) secara perdana. Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia atau HUT ke-79 Republik Indonesia akan berlangsung di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan Jakarta.

Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di IKN dan Jakarta dimulai pukul 11.00 WITA dan 10.00 WIB, Sabtu (17/8/2024). Presiden Jokowi akan memimpin upacara peringatan HUT RI di Istana Garuda IKN, sementara Wapres Ma'ruf Amin mengikuti upacara dari Istana Merdeka Jakarta.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan peringatan HUT RI tahun ini berbeda. Sebab, acara akan digelar di IKN dan Jakarta.

"Kita ketahui esok hari kita akan merayakan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia yang diawali dengan memperingati detik-detik Proklamasi di pagi hari dan sore hari kita akan penurunan bendera di mana tahun ini sangat berbeda, kita melaksanakan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia, yang akan kita laksanakan di IKN, Ibu Kota Negara," kata Heru dalam keterangan pers tertulis, Jumat (16/8/2024).

BACA JUGA:Pelajar-Pegawai di OKI Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-79

Sementara itu, Juri Bicara Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Masduki Baidlowi, mengatakan Ma'ruf Amin akan mengikuti upacara hari ini di Istana Merdeka. Upacara dimulai pukul 10.00 WIB.

"Iya (upacara di Istana Merdeka) sepengetahuan saya begitu, kecuali ada perkembangan baru," tutur Masduki saat dihubungi, Jumat (16/8).

Berikut rangkaian peringatan HUT ke-79 RI:

Rangkaian Acara HUT RI 17 Agustus 2024 di IKN

Pukul 00.00 WITA: Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Kusuma Bangsa IKN.

Pukul 09.15 WITA: Pertunjukan Kesenian di Lapangan Upacara Istana Negara IKN.

Pukul 10.15 WITA: Kirab Duplikat Bendera Pusaka dan Salinan Teks Proklamasi di Istana Negara IKN.

Pukul 11.00 WITA: Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Upacara Istana Negara IKN.

Pukul 15.45 WITA: Pertunjukan Kesenian di Lapangan Upacara Istana Negara IKN.

Sumber: