Cuaca Panas,Tidak Juga Hujan, Personel Polsek Pemulutan Lakukan Patroli Antisipasi Karhutla

Cuaca Panas,Tidak Juga Hujan, Personel Polsek Pemulutan Lakukan Patroli Antisipasi  Karhutla

Polsek Pemulutan lakukan patroli daerah rawan karhutla --

OGANILIR.CO-Hujan belum juga turun, suhu udara makin panas hingga mencapai 33°C, rentan sekali terjadi kebakaran  hutan dan lahan (Karhutla).

Khawatir terjadi karhutla yang tidak terkendali, membuat  personel Polsek Pemulutan gencar melakukan patroli untuk mencegah karhutla di wilayah Kabupaten Ogan Ilir, khususnya di Kecamatan Pemulutan.

Patroli dilakukan oleh Bripka Azwar dan Bripka Chairil dengan menyusuri area yang rawan karhutla, seperti rawa dan semak-semak yang memiliki potensi kebakaran sedang. 

BACA JUGA:Tragis, Nenek dan Cucu Tewas Terjebak Kobaran Api

Tim patroli juga memantau kondisi vegetasi dan kadar air di area tersebut. Berdasarkan pemantauan di lapangan, tidak ditemukan adanya titik panas (hotspot) maupun kejadian karhutla.

Selain patroli, personel Polsek Pemulutan turut memberikan himbauan kepada masyarakat setempat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Bhabinkamtibmas juga melaksanakan sambang ke desa-desa rawan karhutla serta mengingatkan Masyarakat Peduli Api (MPA) agar siap berperan aktif dalam penanggulangan bahaya kebakaran.

Kapolsek Pemulutan, AKP M. Ginting, S.H., menyampaikan bahwa patroli ini dilakukan secara rutin sebagai langkah antisipasi mengingat suhu udara yang tinggi dan minimnya curah hujan meningkatkan risiko terjadinya karhutla.

BACA JUGA:Penyidik Kasus Kasus Sambo Jadi Kapolda Sumsel

 "Kami juga menyebarkan maklumat Kapolda terkait larangan membuka lahan dengan cara membakar, guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya dan dampak negatif karhutla"katanya.

Patroli yang dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu ini berjalan lancar, tanpa ditemukan adanya insiden karhutla di wilayah hukum Polsek Pemulutan.(Sid)

 

Sumber: