5 Tips Memilih Pot yang Tepat untuk Tamanan Hias

5 Tips Memilih Pot yang Tepat untuk Tamanan Hias

--

oganilir.co - Pot merupakan salah satu perlengkapan penting dalam kegiatan bertanam atau berkebun. Keberadaan pot sangat membantu aktivitas berkebun terutama yang tak memiliki lahan cukup. Beberapa jenis tanaman juga bisa menjadi hiasan yang indah di dalam rumah saat ditempatkan dalam pot.

Namun, tidak semua pot dapat digunakan untuk menghasilkan tanaman yang indah dan subur. Meskipun dianggap hal yang sepele, menggunakan pot yang tidak tepat dapat mempengaruhi kesuburan dan keindahan tanaman, terutama tanaman hias. Memilih pot untuk tanaman hias tidak bisa berdasarkan keindahan dan modelnya semata. 

Pemilihan pot yang terlalu besar dapat berpengaruh pada pemberian nutrisi yang tidak efektif pada tanaman hias. Selain itu mengakibatkan penyiraman dan pemupukan tidak merata yang bisa membuat tanaman hias layu dan mati.

Berikut ini simak 5 tips memilih pot yang tepat untuk tanaman hias.

BACA JUGA:5 Tips Mengatasi Kulit Belang Secara Alami, Buat Warna Kulit Jadi Cerah

BACA JUGA:5 Tips Usaha Tanaman Hias yang Menguntungkan

1. Ukuran Pot

Hal penting pertama yakni ukuran pot. Pemilihan ukuran pot ini mempengaruhi tumbuh kembang tanaman hias. Apabila tanaman hias mempunyai ukuran yang besar, sebaiknya memilih pot yang cukup besar juga. Karena jika dipaksakan menggunakan pot kecil, maka pertumbuhan tanaman hias akan terhambat. Akar tanaman akan sesak akibat ruang yang kecil. 

Begitu juga dengan tanaman yang ukurannya kecil sebaiknya tidak ditaruh di pot yang terlalu besar. Hal ini berpengaruh terhadap pemberian nutrisi, penyiraman dan pemupukan yang tidak merata.

2. Pot Tanpa Lobang

Drainase sangat penting bagi kesuburan tanaman. Air yang menggenang di dasar pot dapat mengakibatkan akar cepat membusuk. Hal ini akibat tidak adanya lobang drainase yang baik pada pot. 

BACA JUGA:4 Tips Mengurangi Mata Minus Secara Alami

BACA JUGA:Liburan Menggunakan Mobil, Berikut 6 Tips yang Harus Diperhatikan

Sebelum membeli pot, sebaiknya memeriksa bagian bawah pot apakah terdapat lobang drainasenya. Jika tidak, berarti pot tersebut bukan pilihan untuk menanam tanaman hias.

Sumber: