Mimpi Warga Jambi Punya Tol Segera Terwujud, Bisa Ngemall PP di Palembang Tiap Weekend

Mimpi Warga Jambi Punya Tol Segera Terwujud, Bisa Ngemall PP di Palembang Tiap Weekend

--

OGANILIR.CO - Sudah lama warga propinsi Jambi berharap ada ruas tol yang dibangun melewati propinsi tersebut. 

Mimpi itu sebentar lagi terwujud. 

Pemerintah pusat sudah memutuskan , prioritas utama pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) adalah Ruas Betung – Tempino Jambi.

Ruas tol ini bagian dari ruas tol yang saat ini sedang dalam proses pembangunan dan penyelesaian yakni tol Kapalbetung (Kayuagung-Palembang-Betung) yang ditarget akan selesai pada pertengahan 2023 ini.

BACA JUGA:Tol Kapal Betung Tahap II Segera Beroperasi, Sambungkan 3 Wilayah, Kayuagung, Palembang dan Banyuasin

Ruas tol Palembang Jambi-Jambi yang dimulai pengerjaan kontruksinya pada pertengahan tahun 2023 ini ditargetkan akan selesai dan opersional [ada akhir 2024.

Jika nantinya tol Palembang-Jambi sudah terhubung maka waktu tempuh dari kota pempek ke kota yang dilintasi sungai Batanghari ini hanya 3 jam saja.

Selama ini, waktu tempuh dari Palembang ke Jambi dengan melintasi Jalan Lintas Timur 8-10 Jam dengan jarak 277 KM.

Dengan waktu hanya 3 jam saja,  artinya memberikan kemudahan akses bagi masyarakat khususnya warga Jambi yang ingin berpergian ke wilayah Palembang bahkan Lampung.

BACA JUGA:Anggaran Banyak Terpakai Tol Sirip, Target Pemerintah Sambungkan Tol Lampung-Aceh 2024 Tak Tercapai

Warga Jambi nantinya bisa ngemall di Palembang tiap weekend dengan berangkat pagi hari dan sore harinya bisa langsung pulang.

Progress perkembangan pembangunan ruas tol Palembang-Jambi kini telah memasuki proses ganti untung kepada warga yang tanahnya dilalui jalan Tol Tempino - Betung. 

Ada 52 warga Muaro Jambi yang mendapatkan ganti untung dengan 72 bidang tanah yang mereka miliki. 

Sebagai tambahan informasi, ruas jalan tol dari Betung hingga Jambi ini (Tol Betung - Tempino - Jambi) akan menjadi penghubung dari Jambi ke jalur backbone Sumatera Selatan, yakni tol yang menghubungkan Pelabuhan Bakauheni hingga Palembang.

Sumber: