Tol Bengkulu Kepahiang Tahap II Sudah Ketuk Palu Anggaran, Jalan Ke Lubuk Linggau Selemparan Handuk Saja

Tol Bengkulu Kepahiang Tahap II Sudah Ketuk Palu Anggaran,  Jalan Ke Lubuk Linggau Selemparan Handuk  Saja

--

Keseriusan pemerintah propinsi Bengkulu untuk melanjutkan proyek pembangunan jalan tol ruas Bengkulu-Kepahiang patut diacungi jempol.

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah menyebutkan, pembangunan jalan tol tahap 2 yang menyambungkan Bengkulu Tengah ke Kabupaten Kepahiang, akan mulai dikerjakan pada tahun 2023 mendatang.


Ini disampaikan gubernur, dilihat dari anggaran pembangunan jalan tol  dengan panjang 23 kilometer mencapai Rp 18,7 triliun.

Disampaikannya, anggaran pembangunan tersebut telah masuk dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2023.

BACA JUGA:Anggaran Banyak Terpakai Tol Sirip, Target Pemerintah Sambungkan Tol Lampung-Aceh 2024 Tak Tercapai

"Anggaran pembangunan tol Bengkulu tahap kedua telah masuk dalam RAPBN dan Kementerian PUPR juga telah menyetujui pembangunan tol tersebut," kata Rohidin.

Ia menegaskan, pembangunan tol Bengkulu bersifat mandatori atau penugasan sehingga infrastruktur pembangunan tersebut tidak dilakukan secara maksimal.

Pembangunan tol yang tidak maksimal tersebut dikarenakan pengguna jalan tol masih sedikit, selain itu pembangunan jalan tol dilakukan untuk membuka keterisolasian wilayah.
 
Kemudian untuk menjadi aspek pengamanan sebab tingkat kecelakaan masyarakat saat melintasi gunung cukup tinggi dan memperpendek akses dan merendahkan biaya transportasi.
 

BACA JUGA:Mimpi Warga Jambi Punya Tol Segera Terwujud, Bisa Ngemall di Palembang Tiap Weekend


Diketahui, total anggaran APBN untuk pembangunan tol Bengkulu mencapai Rp 34 triliun, pada tahap pertama sekitar Rp 5,8 miliar dengan panjang 17,8 kilometer.

Sementara itu, terkait pengoperasian jBengkulu tahap pertama yaitu Bengkulu - Taba Penanjung saat ini telah opersional penuh .

Berdasarkan SK Menteri PUPR terkait dengan penetapan tarif tol tersebut, berikut besaran tarif pada tol Bengkulu – Taba Penanjung: Golongan I Rp 22.000, Gologangan II Rp 33.000 dan Golongan IV dan V Rp 44.000

Nantinya jika tol tahap II Bengkulu – Kepahiang sudah tersambung , maka warga Bengkulu dan sekitarnya hanya perlu waktu 30 menit ke kota Lubuk Linggau.

BACA JUGA:Pembangunan Tol Padang Masih Mangkrak, Perantau Minang Terbantu Jalan Tol Trans Sumatera

Ibarat hanya selemparan handuk saja sudah sampai ke Kota ujung Barat Provinsi Sumsel ini.

Sumber: