STQH Ogan Ilir Mulai Di Gelar, Target Juara Umum Seperti MTQ Sumsel

STQH Ogan Ilir  Mulai Di Gelar, Target Juara Umum Seperti MTQ Sumsel

salah satu peserta STQH mengikuti pawai tak"arub--

OGAN ILIR, OGANILIR.CO- Perhelatan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) XXVII Tingkat Kabupaten Ogan Ilir  tahun 2023, mulai dilaksanakan.

Pembukaannya berlangsung Rabu 1 Februari  2023  dipusatkan di Desa Betung I dan Betung II Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir Wakil Bupati (Wabup)  H Ardani SH, MH, mewakili Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar.

STQH yang akan berlangsung selama 5 hari, yakni 1-5 Februari 2023 diikuti oleh 255 peserta dari utusan 16 Kecamatan se Kabupaten Ogan Ilir.

STQH yang dilaksanakan ini  langkah Pemkab Ogan Ilir untuk menjaring para qori-qoriah, hafiz-hafizah dan mufasir-mufasiroh terbaik, untuk disiapkan mengikuti STQH tingkat Provinsi Sumsel, yang akan dilasanakan bulan Mei 2023 mendatang.

BACA JUGA:700 Personil Siap Memantau dan Mengantisipasi Karhutla di Ogan Ilir

BACA JUGA:Lepas Sepatu, Pakaian Sekolah Kecipratan Lumpur, Terjadi Rambang Kuang Ogan Ilir

        “Kita menargetkan pada STQH tingkat Provinisi Sumsel yang akan berlangsung Mei 2023 mendatang di Kota Lubuk Linggau, bisa meraih sebagai juara umum, menyusul MTQ tahun 2022 , Ogan Ilir dinobatkan sebagai juara umum,’’kata Wabup Ogan Ilir H Ardani didampingi Sekda Ogan Ilir H Muhsin Abdullah.

Dikatakan Wabup H Ardani, pada ajang STQ Tingkat Provinsi, Kabupaten Ogan Ilir  pernah dua kali meraih juara umum. Sedangkan pada MTQ-P, baru sekali meraih juara umum yakni tahun 2022 lalu,’’Ya kita berharap kembali pada STQH tingkat Provinsi kembali Ogan Ilir menjadi juara umumnya,’’katanya 

Sekda Ogan Ilir H Muhsin Abdullah yang juga Ketua Umum LPTQ Ogan Ilir, mengatakan, pada STQH tahun 2023  sebanyak 255 peserta utusan 16 kecamatan ikut dalam ajang STQH 2023 ini. 

Mereka terdiri dari 128 Laki-laki dan 127 perempuan . rinciannya dua kecamatan Pemulutan Barat dan Indralaya, mengutus (20) peserta putra dan putri. Sedangkan Kecamatan Tanjung Batu (19) peserta, Indralaya Selatan (18) orang.

BACA JUGA:Bersilaturrahmi, Jajaran Dit Intelkam Polda Kunjungi Ponpes Rubath Al Muhibbien Palembang

BACA JUGA:Santri Tewas Dianiaya, Begini Penjelasan Pondok Pesantren Gontor

Lalu Kecamatan Indralaya Utara (18) orang , Rambang Kuang (18) orang, dan Tanjung Raja (17) orang . Kemudian Lubuk Keliat (16), Rantau Alai (15), Pemulutan Selatan (15), Rantau Panjang (15), Kandis (14), Sungai Pinang (13), Pemulutan (12), dan Muarakuang (10 ) orang .

Sedangkan cabang yang terbanyak diikuti oleh peserta yakni tilawah, sedangkan yang sedikit pesertanya tafsir bahasa Arab.

Pada acara pembukaan STQH  juga dilaksanakan pawai ta’aruf yang diikuti kafilah peserta STQH dari 16 kecamatan se Ogan Ilir. Pawai ini berlangsung cukup meriah.

“Saya berharap selama pelaksanaan STQH, masyarakat dapat menyaksikannya dengan penuh khusuk . Dan disekitar arena utama juga kita  digelar pameran dan bazar, ’’kata H Muhsin Abdullah.

BACA JUGA:Pesantren di Ogan Ilir Bakal Difasilitasi, Setelah Perda Disahkan DPRD

Sementara cabang lomba pada STQH, yakni cabang Tilawah dewasa dan anak-anan, cabang Tafsir Bahasa Arab, cabang Tahfidz 1 juz dan 5 juz tilawah, serta Tahfidz 10 juz, 20 juz, dan 30 juz. Kemudian cabang Hadits 100 dan Hadits 500.

Lokasi lomba cabang tilawah dewasa, tilawah anak, dan 1 juz dipusatkan di Arena Utama Lapangan SDN 2 di Desa Betung I. 

Kemudian untuk lomba tahfidz 5 juz, 10 juz, dan 20 juz di Masjid Taqwa Desa Betung I. Sedangkan lomba 30 juz, Tafsir Bahasa Arab, serta hadits 100 dan hadits 500 bertempat di Masjid Al-Anshor Desa Betung II.

Untuk menyukseskan STQH ,  sebanyak 42 orang Dewan Hakim yang sudah disumpah  akan melakukan penilaian secara selektif mungkin.

Hadir pada  pembukaan Plt Asisten I Sekda Prop Sumsel, H Edward Candra, Karo Kesra H Abdul Hamid dan Ketua Harian LPTQ Sumsel, Drs KH Mudrik Qori MA (sid)

Sumber: