Perluas Layanan, Buat Paspor Kini Sudah Bisa di Lubuklinggau

Perluas Layanan, Buat Paspor Kini Sudah Bisa di Lubuklinggau

Wali Kota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe dan jajaran meninjau langsung proses pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim. foto: holid/oganilir.co--

LUBUKLINGGAU, OGANILIR.CO – Bagi Masyarakat yang ingin melakukan perjalan ke luar negeri, kini pembuatan paspor saat ini sudah bisa dilakukan di Kota Lubuklinggau.

Itu setelah diresmikannya Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim di Kota Lubuklinggau, Selasa 28 Februari 2023.

Wali Kota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe, mengatakan bahwa Lubuklinggau harus membangun disign.

“Disign itu kita tambah lagi dengan melaunching Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi di Kota Lubuklinggau,” kata Wali Kota usai Launching UKK Imigrasi di perkantoran DPMPTSP Kota Lubuklinggau, selasa 28 Februari 2023.

UKK Imigrasi yang dilaunching saat ini merupakan unit kerja dari Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim.

“Artinya orang sudah bisa membuat paspor di Kota Lubuklinggau,” katanya lagi.

Dikatakan Nanan, sapaan wali kota, UKK ini sifatnya hanya sementara, sebab saat ini sedang dibangun Kantor Imigrasi Lubuklinggau.

Setelah kantor imigrasi nanti selesai. Maka tidak lagi unit kerja, tapi pelayanan paspor dan sebagainya akan pindah ke Kantor Imigrasi Lubuklinggau,” ujarnya lagi.

Nantinya, tambahnya, ketika sudah ada Kantor Imigrasi sendiri, tidak hanya bisa membuat Paspor, tapi juga bisa membuat e-Paspor dan sebagainya. “Targetnya 5 bulan lago bangunan Kantor Imigrasi Kota Lubuklinggau,”

Kepala Kantor Wilayah Kemenkum dan HAM Sumatera Selatan, Ilham Jaya mengatakan mewakili Dirjen Imigrasi sangat suppor upaya Wali Kota Lubuklinggau ingin ada UKK maupun Kantor Imigrasi sendiri.

Oleh kerena itu, UKK yang dilaunching di Lubuklinggau merupakan UKK yang proses pembentukannya paling cepat di Indonesia.

“Kurang dari dari satu bulan. 8 Februari rapat pembentukan, 21 Februari MoU dan tandatangan perjanjian kerja sama (PKS) dengan Dirjen Imigrasi Kemenkum HAM RI, dan 28 Februari 2023 UKK dilaunching,” jelasnya.

Dia mengatakan beberapa bulan kedepan, akan dilaunching Kantor Imigrasi-nya.

Tahap awal ini di UKK ini sudah bisa melakukan pembuatan paspor, tidak hanya untuk warga Kota Lubuklinggau. Tapi juga bagi warga Musi Rawas, Muratara, dan Empat Lawang,” katanya.

Sumber: