Sejarah Jalan Pantura, Makin Lengang Setelah Ada Tol Trans Jawa

Sejarah Jalan Pantura, Makin Lengang Setelah Ada Tol Trans Jawa

--

Jalan Pantura (Pantai Utara Jawa) memiliki sejarah panjang sebagai Jalan penghubung utama di Pulau Jawa yang menghubungkan berbagai kota dan daerah di sepanjang Pantai Utara Jawa.  

 

Jalan ini dibangun sejak masa penjajahan Belanda dan pada awalnya dinamakan "Great Postweg" atau "jalan raya besar" oleh pemerintah kolonial.

 

Pembangunan Jalan Pantura dimulai pada tahun 1800-an sebagai bagian dari upaya pemerintah kolonial Belanda untuk memperluas jalur transportasi di wilayah Hindia Belanda.  

 

Jalan ini awalnya hanya digunakan oleh kaum kolonial Belanda dan pengusaha asing untuk mengangkut hasil bumi dari daerah-daerah di sepanjang pantai utara.

BACA JUGA:Horee, THR PNS Resmi Akan Cair H-5 Lebaran

Setelah kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, Jalan Pantura terus dikembangkan dan diperluas untuk memenuhi kebutuhan transportasi yang semakin meningkat. 

 

Pada tahun 1960-an, Jalan Pantura menjadi rute utama bagi kendaraan yang menuju ke Jawa Timur, dan pada tahun 1980-an, jalan ini sudah menjadi rute utama bagi kendaraan yang menuju ke Jawa Tengah.

 

Dalam sejarahnya, Jalan Pantura juga pernah menjadi lokasi konflik antara kekuatan militer Indonesia dengan gerakan separatis pada tahun 1950-an hingga 1960-an. 

 

Sumber: