Di Perkirakan 2,8 Juta Kendaraan Pemudik Lebaran Melintas Di Jalan Tol

Di Perkirakan 2,8 Juta Kendaraan Pemudik Lebaran Melintas Di Jalan Tol

Tim Satgas yang telah dikukuhkan untuk melayani pemudik lebaran di jalan Tol--

OGANILIR.CO-Angka yang cukup fantastis mobilitas kendaraan yang bakal melintas  di jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ketika memasuki jadwal Arus mudik lebaran Idul Fitri 1444 H tahun 2023 ini.

Pihak Hutama Karya (HK) selaku pengelola JTTS tersebut , sudah memprediksi bakal terjadi perningkatan volume Lalu Lintas  (VLL) dibanding dengan VLL sebelumnya.

“Kami memprediksi peningkatan Volume Lalu Lintas (VLL) yang akan melintas di JTTS saat Mudik Lebaran 2023 mendatang sebanyak 2.878.203 kendaraan,’’kata Direktur Operasi III Hutama Karya (HK) , Koentjoro.

BACA JUGA:Gelar Apel Siaga, HK Pastikan Pelayanan Prima Arus Mudik Tol Trans Sumatera

Koentjoro mengatakan, prediksi peningkatan jumlah kendaraan di JTTS  sebanyak 2,8 jutaan atau meningkat sekitar 35%  jika dibandingkan dengan VLL normal. “Angka ini merupakan akumulasi volume lalu lintas dari total seluruh ruas yang dikelola oleh Hutama Karya di JTTS,’’terangnya.

Arus mudik lebaran sendiri  akan dimulai 15 April hingga 1 Mei, dan  tim satgas  sudah dikukuhkan pada 4 April 2023 di Rest Area 234 Jalur A Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka), sebagai Kick Off Apel Siaga Mudik Lebaran 2023.

BACA JUGA:Mudik, Tarif Tol Palindra dan Palembang-Lampung Dipastikan Tidak Naik, Penyesuaian Harga Baru Akhir Tahun 2023

Menurut Koentjoro, untuk memberikan rasa aman dan nyaman para pemudik yang akan melintas di JTTS tersebut, pihak terus mengebut pengerjaan peningkatan perbaikan jalan yang  mengalami kerusakan.

“Kami juga telah memperkirakan perbaikan peningkatan jalan, akan selesai  sebelum memasuki arus mudik, dan kita pastikan tidak ada lagi pekerjaan perbaikan jalan, semuanya sudah selesai dan beres  sesuai schedule,’’harapnya.

Kemudian lanjut Koentjoro,  selain telah membentuk tim satgas menyambut mudik lebaran 2023, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 3.132 petugas siaga, 347 unit armada siaga dan 52 unit mobil reader,dan  memastikan Bahan Bakar Mentah (BBM) tercukupi di setiap SPBU serta melakukan penambahan SPBU modular di rest area KM 20 jalur A & KM 49 Jalur B di Tol Bakauheni – Terbanggi Besar (Bakter) dan rest area KM 306 & KM 269 Jalur B di Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (Terpeka).

Koentjoro juga menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan yang berlaku di jalan tol, salah satunya dengan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol.

“Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya dimana terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan top up saldo UE,’’lanjutnya.

BACA JUGA:Sejarah Jalan Tol Indonesia , Tol Petama di Pulau Sumatera

Kemudian yang tidak kalah penting kata Koentjoto,  kepada pengguna jalan tol, berkendaralah dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan,”Ingat  tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat. Segera beristirahat apabila merasa mengantuk di rest area terdekat,’’tukasnya.(sid)

Sumber: