Kantor KPU-Bawaslu Prabumulih Dijaga Aparat, Ada Apa?

Kantor KPU-Bawaslu Prabumulih Dijaga Aparat, Ada Apa?

Budiono. --

PRABUMULIH, oganilir.co - Tak hanya organisasi terlarang yang diawasi aparat kepolisian atau Kejaksaan. 

Penyelenggara, pengawas pemilu, dan partai politik pun tak luput dari pengawasan aparat. 

Hanya saja pengawasan yang dilakukan bukan untuk memata-matai. Melainkan menjaga kantor KPU, Bawaslu, dan kantor partai politik. 

Satuan Intelkam Polres Prabumulih menyiapkan personel di partai politik maupun di sekretariat KPU dan Bawaslu Prabumulih dalam melakukan pengawasan.

Kasat Intelkam Polres Prabumulih Iptu Budiono SH mengatakan bahwa pihaknya mengawasi kantor KPU, Bawaslu, dan Kantor Parpol di Prabumulih. 

BACA JUGA:Polres Ogan Ilir, Bahas Kendaraan Over Load

"Kita tempatkan personel sebagai langkah untuk memberikan rasa aman dan pencegahan adanya sumber konflik dalam tahapan pemilu," kata Budiono kepada awak media belum lama ini. 

Dikatakannya, penempatan personel di tiga kantor tersebut dilakukan saat memasuki  tahapan pemilu. Saat ini belum karena masih dalam tahapan verifikasi Bacaleg.

Lebih lanjut Budi mengatakan, jumlah personel ditempatkan yakni di KPU Prabumulih sebanyak dua orang dan Bawaslu Prabumulih juga sebanyak dua orang untuk membantu memonitor setiap kegiatannya. 

"Selain itu kita juga tempatkan LO sebanyak 18 personel atau satu partai satu LO yang siaga sehingga tiap kegiatan terpantau," jelasnya.

BACA JUGA:Cegah Tindak Kriminal Kapolrestabes Palembang Turunkan Petugas Samapta Presisi

Mantan Kapolsek RKT ini menuturkan bahwa para personel itu nantinya bertugas untuk memonitor setiap kegiatan untuk deteksi dini sehingga tidak ada kegiatan yang berpotensi konflik tidak terpantau.

"Kegiatan yang berpotensi adanya gangguan Kamtibmas diharap akan terpantau dan tentu kita istilahnya tidak kecolongan," bebernya.

Apakah di Prabumulih terpantau potensi konflik? Budi mengaku sejauh ini tidak ada potensi konflik antarpartai politik di Bumi Seinggok Sepemunyian. "Tapi kita terus antisipasi dan semakin dekat semakin panas itu biasa, kita akan lakukan langkah-langkah," tukasnya. 

Sumber: