Warga Banyuasin Terima Bantuan Pangan, Bupati-Wabup Saksikan Penyerahan

Warga Banyuasin Terima Bantuan Pangan, Bupati-Wabup Saksikan Penyerahan

Askolani menyalami warga penerima bantuan pangan. --

BANYUASIN, oganilir.co - Pemkab BANYUASIN memberikan bantuan pangan kepada warganya. Bupati BANYUASIN, H. Askolani, SH MH bersama Wakil Bupati BANYUASIN, H. Slamet Somosentono, SH meninjau penyerahan bantuan pangan kepada masyarakat BANYUASIN oleh Badan Pangan Nasional RI di Kantor Post Pangkalan Balai, Kecamatan BANYUASIN lll, Selasa 20 Juni 2023.

Dalam sambutannya, Bupati Banyuasin Askolani mengatakan bahwa pemberian bantuan pangan ini berdasarkan rapat internal Presiden RI pada tanggal 2 Maret 2023 mengenai kebijakan bantuan sosial dalam bentuk beras dan surat Kepala Badan Pangan Nasional nomor : 82/TS.03.03/K/3/2023 tentang penyaluran cadangan pangan pemerintah dalam rangka pemberian bantuan pangan. 

"Waktu dan durasi pelaksanaan bantuan pangan beras tersebut dilaksanakan selama 3 bulan yaitu alokasi bulan Maret, April, dan Mei 2023," kata Askolani. 

Dikatakannya, bantuan pangan ini untuk mengurangi beban pengeluaran masyarakat dan sebagai upaya untuk menangani kerawanan pangan, kemiskinan, stunting dan gizi buruk.

BACA JUGA:Warga Banyuasin Terima Bantuan Pangan, Bupati-Wabup Saksikan Penyerahan

"Sehingga melindungi produsen dan konsumen serta mengendalikan dampak inflasi atau fluktuasi harga,” ujarnya. 

Askolani menambahkan alokasi bantuan yang diberikan setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) memperoleh bantuan sebanyak 10 kg/KPM/bulan dengan kualitas beras jenis medium.

"PT Pos Indonesia sebagai transporter bertanggung jawab menyampaikan bantuan pangan tersebut kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), " tukasnya. 

Pemerintah Kabupaten Banyuasin memastikan bantuan ini akan langsung didistribusikan tepat sasaran dan masing-masing KPM mendapatkan 10 kg beras, saluran bantuan pangan ini sesuai data yang telah ditetapkan untuk masyarakat sebagai keluarga penerima manfaat.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Banyuasin, Masita Liana  menyatakan jumlah sasaran keluarga penerima manfaat di Kabupaten Banyuasin sebanyak 58.267 KPM dengan jumlah beras sebanyak 582.670 kg beras yang tersebar pada 21 Kecamatan

"Untuk Kecamatan Banyuasin lll mendapatkan bantuan pangan tersebut sebanyak 3.835 KPM yang tersebar dari 21kelurahan dan desa," pungkasnya. 

Sumber: