Catat, 10 Makanan-Minuman ini Baik untuk Kesehatan Jantung

Catat, 10 Makanan-Minuman ini Baik untuk Kesehatan Jantung

Ilustrasi.--

BACA JUGA:6 Buah Kesukaan Nabi Muhammad SAW, Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Termasuk biji-bijian dalam diet Anda memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk menurunkan risiko diabetes tipe-2, obesitas, dan meningkatkan kadar kolesterol darah. Selain itu, memasukkan biji-bijian bebas gluten dan biji-bijian yang tidak diproses ke dalam makanan biasa telah terbukti menyebabkan penurunan risiko stroke dan penyakit jantung yang signifikan.

5. Berry

Menambahkan buah beri ke dalam makanan Anda adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung, karena penuh dengan antioksidan dan fitonutrien yang menyehatkan jantung.

Mereka juga merupakan sumber serat larut yang bagus. Beberapa buah berry yang menyehatkan jantung yang bisa Anda masukkan ke dalam makanan kamu antara lain blueberry, acai berry, stroberi, dan rasberi.

6. Sayuran

Sayuran yang harus dikonsumsi seperti bayam, brokoli, kubis Brussel sangat penting dalam meningkatkan kesehatan jantung. Selain kandungan serat sayuran, mereka juga mengandung nutrisi lain seperti potasium, folat, vitamin C, dan magnesium yang memastikan fungsi kesehatan secara keseluruhan. Beberapa sayuran sehat jantung lainnya untuk disertakan dalam diet Anda termasuk asparagus, wortel, kentang, dan labu.

BACA JUGA:Peserta BPJS Kesehatan Wajib Tahu, Ada Subsidi Pembelian Kaca Mata

7. Buah-buahan

Buah-buahan seperti jeruk dan grapefruit mengandung vitamin C dalam jumlah besar yang merupakan antioksidan makanan yang kuat. Alpukat, meski tinggi kalori, sarat dengan lemak "baik" yang membantu kadar kolesterol. Apel adalah sumber serat larut yang kaya dan dikaitkan dengan penurunan tekanan darah dan penurunan risiko stroke. 8. Legume

Varietas legume seperti kacang merah dan kacang hitam kaya akan serat, vitamin B, dan beberapa mineral penting.

Produk kedelai seperti tahu dan susu kedelai juga merupakan makanan sehat yang dapat dimasukkan ke dalam diet ramah jantung Anda.

9. Cokelat Hitam

Kakao yang digunakan dalam persiapan cokelat kaya akan senyawa tumbuhan yang disebut flavonoid yang telah ditunjukkan dalam penelitian memiliki efek menguntungkan pada penyakit jantung. Sangat penting bagi kita untuk mengonsumsi cokelat dalam jumlah terbatas dengan lebih dari 60 persen kakao dan lebih sedikit gula untuk mendapatkan manfaat maksimal.

BACA JUGA:Kenali JCH Berkebutuhan Khusus, PPIH Palembang Tempel Stiker di Kartu Kesehatan

Sumber: