Boomingkan Jadi Pangan Nasional, Pemkot Prabumulih Gelar Lomba Kreasi Olahan Nanas

Boomingkan Jadi Pangan Nasional, Pemkot Prabumulih Gelar Lomba Kreasi Olahan Nanas

Nyonya Suryanti Ngesti Rahayu Ridho mencicip hasil olahan nanas peserta. foto: SEG--

Boomingkan Jadi Pangan Nasional, Pemkot Prabumulih Gelar Lomba Kreasi Olahan Nanas

PRABUMULIH, oganilir.co - Puluhan Kelompok Wanita Tani (KWT) berbagai kelurahan dan desa di Kota Prabumulih mengikuti lomba kreasi pangan olahan nanas lokal tingkat kota tahun 2023 di pendopoan rumah dinas wali kota Prabumulih, Kamis 22 Juni 2023.

Peserta memajang hasil olahan nanas di atas meja yang sudah menjadi makanan. Ada kue nanas, nasi nanas, es nanas, dan berbagai jenis kreasi olahan makanan lainnya.

Lomba kreasi pangan dibuka oleh Wali Kota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM. Dia mengaku sangat antusias diadakan kegiatan kreasi pangan olahan nanas yang diharapkan bisa kembali "memboomingkan" Nanas Prabumulih di kancah nasional hingga internasional.

"Kita sudah berkreasi dengan buah nanas ini. Seperti dasar baju yang terbuat dari daun nanas, benangnya dari daun nanas dan warna dan motif juga gambar nanas dan bahan pewarna baju juga dari kulit nanas. Kenapa senang dengan benang nanas, karena tidak ada masa kedaluarsanya," kata Ridho Yahya.

BACA JUGA:5 Manfaat Minum Air Lemon Dicampur Nanas, Nomor 1 Memperbaiki Pencernaan

Kendati demikian, berkreasi membuat makanan dari nanas juga merupakan upaya yang baik. "Jadi sangat penting inovasi seperti ini dan saya menyambut baik kreasi pangan olahan nanas ini," sambungnya berpesan kepada yang juara bisa dijadikan "oleh-oleh" dan apa-apa yang akan dijual nantinya untuk tamu di Prabumulih.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Prabumulih, Ir Suryanti Ngesti Rahayu Ridho mengatakan, seluruh peserta lomba sudah menampilkan yang terbaik dan mengkreasikan nanas lokal Prabumulih dengan baik. "Sehingga seluruh peserta lomba kita berikan hadiah sebagai apresiasi," sebutnya. 

Chef Didik Haryono, salah satu juri lomba kreasi menyatakan, dalam sebuah nanas ternyata bisa diolah menjadi berbagai kreasi makanan dan minuman. "Tidak hanya berbentuk mentah dipotong dan dimasukin yang semua orang bisa melakukannnya di rumah. Tapi bagaimana caranya buah nanas tidak menjadi pasaran dan justru menjadi obyek yang akan digemari seluruh lapisan masyarakat," tukasnya mengaku penilaian yang dilakukan selain nanas nya bisa dijual atau tidak di pasaran juga kreatifitas dan inovatif dari buah nanas tersebut. 

Sumber: