Ternyata Lubuklinggau Pernah Jadi Ibu Kota Provinsi Sumsel

Ternyata Lubuklinggau Pernah Jadi Ibu Kota Provinsi Sumsel

Museum Perjuangan Garuda Sriwijaya, foto Zulkarnain/SEG--

Pahlawan Nasional ini, menggerakkan seluruh kekuatan tepur Daerah Militer Istimewa Sumatera Selatan, yang meliputi Karesidenan Lampung, Karesidenan Bengkulu, Jambi, dan Palembang, mengadapi agresi belanda. 

                                             

Ahmad warga kota Lubuklinggau yang sempat dibincangi, menuturkan banyak sekali jejak sejarah perjuangan revolusi kemerdekaan di kota Lubuklinggau. "Mulai dari lapangan merdeka, musiem garuda, pasukan tempur di Jayaloka dan lain lain. Dulu Sumsel itu Sumbagsel, jadi lebih strategis di pimpin dari kota Lubuklinggau," bebernya. 

 BACA JUGA:Negara Malaysia Ternyata Raja-Rajanya Keturunan Kerajaan Sriwijaya                                                 

Menurutnya, Kota Lubuklinggau, di masa Kepemimpinan Gubernur Sumsel, Dr Ak Gani, menjadi basis utama. Beragam kegiatan administrasi, pemerintahan, ekonomi, hingga pengaturan strategi perang.  

                                                          

"Dulu ado pasukan garuda merah, garuda hitam, garuda putih, garuda emas. Waktu itu awal merdeka, Sumsel ado wilayah, tapi idak ado tentara, nah perekrutanyo di sini kumpul di lapangan merdeka," timpalnya.

                                                                Menurutnya, Dr AK Gani selaku Gubernur meliter sekaligus Gubernur Sumsel, cukup lama memimpin dari kota Lubuklinggau. Dia mengkomandoi langsung pasukan griliya dari kota Lubuklinggau, yang lokasinya dekat dengan Jambi, Bengkulu, dan Lampung dan Palembang, sehingga lebih mudah melakukan manuver serangan.

BACA JUGA:Sejarah Unsri, Berdiri Tahun 1960, Ide Pembentukan Sejak 1952 

                                                               

"Siso peninggalanyo ado di musium garuda, ado mobil jeep Peninggalan Ak Gani," timpalnya. Setelah kondisi perang normal, pusat pemerintahan Sumsel, secara langsung beralih lagi ke kota Palembang. 

                                                                            1948 Lubuklinggau ditetapkan menjadi Ibu kota Kabupaten Musi Ulu Rawas dan tetap sebagai Ibu kota Keresidenan Palembang. Pada tahun 1956 Lubuklinggau menjadi Ibu kota Daerah Swatantra Tingkat II Musi Rawas. Tahun 2001 dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 tahun 200, tanggal 21 Juni 2001 Lubuklinggau statusnya ditingkatkan menjadi Kota.

                                                                              Pada tanggal 17 Oktober 2001 Kota Lubuklinggau diresmikan menjadi Daerah Otonom. Kini kota Lubuklinggau menjadi kota terbesar kedua di Provinsi Sumsel, setelah kota Palembang dengan beragam kemajuan dibidang sektor jasa.

Sumber: