SMAN 1 Indralaya Ogan Ilir Terpilih Sampel Penelitian Inovasi AI Oleh BRIN.

SMAN 1 Indralaya Ogan Ilir Terpilih Sampel Penelitian Inovasi AI Oleh BRIN.

SMAN 1 Indralaya Menjadi Sampel Penelitian AI oleh BRIN--

SMAN 1 Indralaya Ogan Ilir Terpilih Sampel Penelitian Inovasi AI Oleh BRIN.

OGANILIR.CO-Lembaga Pendidikan SMA Negeri 1 Indralaya Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), terpilih menjadi sampel penelitian Inovasi Pembelajaran Artificial Inteligence  (AI) atau Kecerdasan Buatan, berbasis karakter bagi siswa menuju era Society 5.0, yang dilaksanakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Sebanyak 40 siswa dan 15 guru dari SMA Negeri 1 Indralaya terlibat sebagai responden dalam penelitian tersebut , acara berlangsung di SMAN 1 Indralaya, Rabu 2 Agustus 2023  dihadiri Kepala SMAN 1 Indralaya, Pudyo Laksono, S.Pd, Ketua Komite Sekolah, Drs H Iklim Cahya, MM dan Wakil Ketua, Gusti M Ali, para dewan guru dan siswa.

Adapun Tim Peneliti berasal dari Pusat Riset Pendidikan Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Sosial dan Humaniora  BRIN serta Artificial Intelegence Center Indonesia (AICI), Dr Linda dan Dr Santi.

BACA JUGA:Kepsek SMA-SMK Se-Ogan Ilir Ikuti Diskusi Panel “Merdeka Belajar” di SMAN 1 Indralaya

Menurut Kedua peneliti tersebut, teknologi AI sudah dipelajari di dunia pendidikan tinggi, tapi ke depan akan dikembangkan juga menjadi pelajaran di sekolah menengah.

Karena itu pihaknya melakukan penelitian ini, dengan mengambil sampel empat provinsi yakni DIY, Bali, Kaltim, dan Sumsel. 

“Tiap Provinsi diambil dua sekolah menengah, negeri dan swasta. Untuk Sumsel Kami pilih SMAN 1 Indralaya dan SMA Srijaya Negara Bukit Besar Palembang.’’kata Dr Linda .

BACA JUGA:SMAN 1 Indralaya Gelar IHT Pelatihan Komite Pembelajaran dan Program Sekolah Penggerak 2023.

Menurut Dr Linda dengan teknologi AI ini, akan banyak didapat kemudahan, namun bila karakter dan mentalitas si pengguna tidak baik, maka aplikasi ini bisa disalahgunakan.

Karena itu dengan mempelajari hal tersebut, para siswa didorong bukan hanya sebagai pengguna tapi untuk mampu menciptakan atau melakukan inovasi, sehingga manfaat teknologi ini sangat besar.

Teknologi AI akan membantu pekerjaan manusia, yang bersifat teknis, sehingga ruang dan waktu yang ada bisa diberdayakan dan dimanfaatkan untuk hal-hal lain.

BACA JUGA:Siswa SMAN 1 Indralaya Utara Ikuti MPLS, Polres Ogan Ilir Berikan Materi Bahaya Perilaku Bullying

“Melalui  penelitian ini diharapkan dapat dirumuskan sebuah kurikulum yang menjadi pedoman pengajaran di sekolah-sekolah’’kata Mereka 

Sumber: