Kenapa Izrail Dipilih Sebagai Malaikat Pencabut Nyawa? ini Alasannya

Kenapa Izrail Dipilih Sebagai Malaikat Pencabut Nyawa? ini Alasannya

Ilustrasi --

Kenapa Izrail Dipilih Sebagai Malaikat Pencabut Nyawa? ini Alasannya 

 

oganilir.co - Dalam agama Islam, terdapat beberapa malaikat yang penting untuk diketahui oleh umat Muslim. Di antaranya adalah Malaikat Izrail, Malaikat Jibril , Malaikat Mikail, dan Malaikat Israfil. Selain itu, ada juga Malaikat Raqib dan Atid yang mencatat perbuatan manusia. Jumlah malaikat tersebut tidak secara pasti ditentukan dalam sumber-sumber agama, namun penting bagi umat Muslim untuk memiliki pemahaman tentang peran dan fungsi malaikat dalam keyakinan mereka.

Tugas Malaikat Izrail adalah mengeluarkan ruh dari jasad, tidak kurang dari sedetik ketika seseorang meninggal atas perintah Allah. Dia tidak memiliki otoritas atau kemauan, dia melakukan segalanya atas perintah Allah. Mengenai makhluk seperti itu dan konsep serupa, Izrail bekerja paling baik sebagai malaikat kematian Tuhan. Dia bertanggung jawab untuk mengangkut setiap jiwa setelah kematian. 

Lalu kenapa Malaikat Izrail dipilih sebagai Malaikat Pencabut nyawa?

Alasan mengapa Malaikat Izrail dipilih oleh Allah SWT sebagai Malaikat Pencabut nyawa ada pada Riwayat yang di sampaikan Az-Zuhri, Wahab bin Munabbih dan lainnya sebagaimana di nukil Imam Syamsuddin Al-Qurthubi dalam kitab At-Tadzkirah dan di terjemahan oleh Anshori Umar Sitanggal.

BACA JUGA:Cara Mencabut Ruh Manusia Oleh Malaikat Izrael

Dalam riwayat tersebut diceritakan bahwa mulanya Allah Subhanahu Wa Ta'ala memerintahkan Malaikat Jibril agar datang menghadap kepada-Nya dengan membawa tanah dari bumi. Kemudian, Jibril pun pergi ke bumi untuk mengambilnya, namun bumi meminta perlindungan kepada Allah dari perbuatan itu sehingga Jibril tidak jadi mengambil tanah.

Setelah itu, Allah Subhanahu Wa Ta'ala pun memerintahkan Malaikat Mikail untuk melakukan tugas yang sama. Lagi-lagi bumi meminta perlindungan kepada Allah dari hal itu dan Allah pun melindunginya.

Selanjutnya, Allah Subhanahu Wa Ta'ala memerintahkan Malaikat Izrail untuk mengambil tanah di bumi dan bumi kembali meminta perlindungan, namun Izrail tidak memberinya perlindungan, dia lalu mengambil sebagian tanah dari bumi lalu menghadap kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Saat menghadap dengan membawa tanah dari bumi tersebut, Izrail ditanya oleh Allah Subhanahu SAW.

BACA JUGA:Cara Paling Cepat Kabulkan Doa, Ustaz Adi Hidayat Ajarkan ini

"Apakah bumi meminta perlindungan kepada-Ku darimu?" "Ya", jawab Izrail

"Kenapa kamu tidak kasihan kepadanya, seperti yang dilakukan dua temanmu itu?"

Sumber: