Legenda Gunung Tangkuban Perahu dan Mitos Kolam Pemandian Bagi Wanita

Legenda Gunung Tangkuban Perahu dan Mitos Kolam Pemandian Bagi Wanita

Gunung Tangkuban Perahu.--

Legenda Gunung Tangkuban Perahu dan Mitos Kolam Pemandian Bagi Wanita

oganilir.co - Gunung Tangkuban Perahu adalah gunung berapi yang terletak sekitar 20 kilometer utara Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Nama "Tangkuban Perahu" diambil dari bahasa Sunda yang berarti "kendi terbalik." Bentuk puncak gunung ini memang terlihat seperti kendi yang terbalik, dengan tiga kawah utama yang terlihat dari puncak.

 

Gunung Tangkuban Perahu juga memiliki daya tarik wisata yang populer, dengan pemandangan alam yang indah dan udara sejuk. Tempat ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

 

Gunung ini memiliki berbagai cerita dan legenda yang berkembang di sekitarnya. Salah satu legenda yang terkenal adalah cerita tentang asal-usul nama "Tangkuban Perahu," yang diceritakan sebagai hasil dari sebuah kisah cinta tragis antara seorang ibu dan anaknya.

 

Dalam legenda tersebut, seorang wanita cantik bernama Dayang Sumbi memiliki seorang anak laki-laki yang lahir dari hubungannya dengan seekor anjing hitam. Anak tersebut diberi nama Sangkuriang

BACA JUGA:Kabupaten di Sumsel ini Kaya Destinasi Wisata, Danau, Gunung Sampai Perkebunan Teh Tersedia

 

Ketika Sangkuriang dewasa, ia jatuh cinta pada seorang wanita yang ternyata adalah ibunya sendiri yang telah berubah wujud. Dayang Sumbi menolak cinta Sangkuriang dan memberinya tugas yang sulit untuk membentuk sebuah perahu dan menggali sumur dalam satu malam. 

 

Sangkuriang menyetujui permintaan tersebut, agar pekerjaannya cepat selesai Sangkuriang meminta bala bantuan dari para jin.

 

Sumber: