Kuasa Hukum Brigadir J Ancam Lapor Presiden Jokowi, Buntut Diusir dari Lokasi Rekonstruksi

Kuasa Hukum Brigadir J Ancam Lapor Presiden Jokowi, Buntut Diusir dari Lokasi Rekonstruksi

Kuasa hukum Brigadir J, Johnson Panjaitan dan Kamaruddin Simanjuntak. foto: rmol--

JAKARTA, OGANILIR.CO - Kuasa hukum Brigadir J akan melaporkan Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri, Brigjen Andi Rian Djajadi ke Presiden Joko Widodo dan Komisi III DPR RI.

Niatan tersebut disampaikan usai pengacara Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak dan Johnson Panjaitan dilarang mengikuti proses rekonstruksi pembunuhan kliennya yang digelar di kediaman Irjen Ferdy Sambo serta rumah dinas di Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (30/8).

"Kami akan segera melaporkan perkara ini secara resmi ke Presiden, ke Komisi III dan Kemenko (Polhukam)," ujar Kamaruddin.

Kamaruddin pun secara khusus menunjuk Dirtipidum Bareskrim Polri, Brigjen Andi sebagai pihak yang menghalangi dirinya menyaksikan rekonstruksi.

BACA JUGA:Demi Kepentingan Penyidikan dan Penuntutan, Alasan Kuasa Hukum Brigadir J Tak Diizinkan Ikut Rekonstruksi

"Ya Dirtipidum yang memulai tidak boleh, awalnya boleh tapi begitu Dirtipidum masuk, penasihat hukum pelapor tidak boleh, katanya," demikain Kamaruddin. 

Reka Ulang 27 Adegan di Duren Tiga dan 35 Adegan di Saguling

Rekonstruksi tragedi Duren Tiga masih berlangsung. Namun rencananya Reka ulang pembunuhan Brigadir Joshua oleh Ferdy Sambo Dkk akan dilakukan di 2 tempat.

Total ada 27 adegan yang akan dipraktekkan di di rumah dinas Ferdi Sambo di Duren Tiga, dan 35 adegan diperagakan para tersangka di rumah pribadi mantan Kadiv Propam itu di Saguling.

BACA JUGA:Bikin Ngeri, Karung Ini Berisi Mayat Termutilasi, Tanpa Kaki dan Kepala

Jumlah adegan ini sudah diungkap Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo sebelumnya.

Katanya, rekonstruksi pembunuhan Brigadir Joshua akan digelar di Rumah Saguling dan rumah Duren Tiga.

“Ya, rekonstruksi 35 adegan di rumah Saguling, terkait kejadian pada tanggal 8 Juli 2022 dan paska pembunuhan Brigadir Joshua,” jelas Irjen Dedi kepada wartawan, Selasa, 30 Agustus 2022.

“Sebanyak 27 adegan diperagakan di Duren Tiga terkait pembunuhan Brigadir Joshua,” jelasnya lagi.

Sumber: rmol.id