RS Siloam Sriwijaya Palembang Buka Klinik Menopause, ini Jadwalnya

RS Siloam Sriwijaya Palembang Buka Klinik Menopause, ini Jadwalnya

RS Siloam Sriwijaya. --

RS Siloam Sriwijaya Palembang Buka Klinik Menopause, ini Jadwalnya

PALEMBANG, oganilir.co - Menopause merupakan proses alamiah yang dialami oleh seorang wanita tidak lagi mengalami menstruasi. Biasanya gejala tersebut terjadi pada seorang wanita tidak mengalami menstruasi selama 12 bulan berturut-turut. Hal itu berarti menandakan berakhirnya usia produktif reproduksi, dan wanita tidak bisa lagi hamil.

DR dr Kms Yusuf Effendi SpOG(K)FER menyampaikan materi menopause di RS Siloam Sriwijaya, Rabu 18 Oktober 2023.

Dia mengatakan bahwa menopause adalah tahap yang pasti akan dialami oleh setiap wanita, dan hal ini tidak dapat dihindari.

"Oleh karena itu, penting bagi wanita, terutama yang berusia 45 tahun ke atas, untuk mengenali tanda-tanda menopause," kata Kms Yusuf Effendi.

BACA JUGA:Satgas Karhutlah Rentan Terpapar ISPA, Dinkes OKI Gencarkan Layanan Kesehatan

Menurutnya, ada beberapa gejala menopause yang dialami oleh seorang wanita. Seperti kesulitan tidur, datang bulan yang tidak teratur, gangguan pada saluran kencing. rasa gatal di vagina, dan keputihan.

"Bahkan beberapa wanita mungkin mengalami ketidaknyamanan saat berhubungan intim," jelasnya.

RS Siloam Sriwijaya menggelar diskusi memperingati Hari Menopause Sedunia dengan tema "Hidup Berkualitas di Masa Menopause" yang melibatkan beberapa narasumber.

Seperti DR. dr.Rizani Amran, SpOG(K)FER, DR.dr. Kms. Yusuf Effendi, SpOG(K)FER, dan Renny Permataria, S.Psi. Psikolog.

Bona Fernando, Direktur Eksekutif Koordinator Siloam Sriwijaya, menjelaskan bahwa klinik menopause dan acara kesehatan ini punya tujuan. Yakni untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan saat memasuki masa menopause.

BACA JUGA:Kabut Asap Pengaruhi Kesehatan Mata, ini Cara Mengatasinya

"Mengingat ada banyak risiko penyakit dan gangguan kesehatan yang dapat muncul selama periode ini.

RS Siloam Sriwijaya juga menyediakan layanan kesehatan untuk mendukung wanita pasca menopause agar tetap produktif dan sehat dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Sumber: