Sejarah Mencatat, Pertama Kali Sumsel Masuk Tiga Besar STQH

Sejarah Mencatat, Pertama Kali Sumsel Masuk Tiga Besar STQH

Kafilah Sumsel pada ajang STQH Nasional di Jambi (Foto Istimewa)--

Sejarah Mencatat, Pertama Kali Sumsel Masuk Tiga Besar STQH

JAMBI-OGANILIR.CO-Sebuah prestasi yang membanggakan dan menjadi catatan sejarah tersendiri bagi  Pemerintah Sumatera Selatan (Sumsel), meski prestasi ini belum berada di puncak tertinggi.

Kafilah Provinsi Sumsel yang mengikuti lomba ajang Seleksi Tilawatil Al-Qur'an dan Al-Hadits (STQH) Tingkat Nasional XXVII Tahun 2023 di Provinsi Jambi, 29 Oktober 2023 - 6 November 2023, berhasil menduduki rangking tiga, atau tiga besar nasional. Prestasi yang belum pernah didapat oleh Kafilah Sumsel. 

Menurut Wakil Ketua Harian LPTQ Sumsel, H Ahmad Iskandar Zulkarnaen, Lc, M.Hum, keputusan tersebut diambil  dalam Rapat Pleno Dewan Hakim STQH Nasional, Senin 6 November 2023. Sumsel meraih nilai 15 dari tiga peserta yang meraih juara 1 (medali emas) di babak final, Sabtu 5 November 2023.

BACA JUGA:Hari ini Tiga Kafilah Sumsel Melaju ke Final STQH Nasional, Ini Nama Mereka ?

“Hasil ini menjadi sejarah baru bagi Sumsel, untuk pertama kalinya meraih tiga besar nasional di ajang STQ/STQH Nasional. Ini sangat luar biasa,’’kata H Ahmad Iskandar, 

Sementara pada STQH Nasional XXVII Tahun 2023 di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah ini, Sumsel merebut juara 1 untuk cabang Hapalan Hadits 100 Bersanad putra dan putri, atas nama M Ihsan Taufik dan Azmi Dwi Yanti. Kemudian cabang Hifdzil /Tahfiz Quran golongan 1 juz tilawah putra atas nama Syahmi Rajih Qusoyyi.

Posisi Sumsel hanya di bawah Provinsi Jawa Timur yang meraih juara 1 dengan nilai 26, dan DKI Jakarta di posisi juara kedua dengan nilai 25.

BACA JUGA:Tiga Kafilah STQH Sumsel Masuk Finalis

Sementara posisi ke empat direbut oleh Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) nilai 14 dan ke lima ditempati oleh Jawa Barat (Jabar). Dengan hasil ini selain sejarah baru, juga menjadikan Sumsel sebagai provinsi terbaik di luar Jawa di ajang STQH Nasional XXVII Tahun 2023.

Selain mengantarkan tiga peserta di peringkat juara 1 (medali emas). Sumsel juga menempatkan tiga pesertanya di posisi juara harapan. Mereka adalah Hanny Virginia Anggraini (Juara Harapan I Cabang Tahfidz Golongan 30 Juz Putri), Rendi Dwi Saputra (Juara Harapan II Cabang Tahfidz Golongan 30 Juz Putra), serta Istiqomah (Juara Harapan III Cabang Hapalan Hadits Golongan 500 Tanpa Sanad).

Sementara tiga orang lagi menempati posisi 10 besar nasional yakni Farhat Al-Munji,  rangking 8 Cabang Tahfidz Golongan 5 Juz tilawah Putra. Kemudian Tiara Az-Zahra, peringkat 9 Cabang Tahfidz Golongan 1 Juz Tilawah Putri. Lalu Lilis Suryani peringkat 10 Cabang Tilawah Dewasa Putri.

BACA JUGA:Kafilah STQH Sumsel Terus di Support

Sebetulnya untuk STQH Nasional XXVII di Jambi ini, Gubernur Sumsel menargetkan lima besar. Tapi berkat kesungguhan semua pihak yang terkait, hasil yang dicapai bisa melampaui target.

Sumber: