Patut Ditiru, Dispora Kabupaten Bandung Borong Tiket Piala Dunia U-17 2023 untuk Pelajar

Patut Ditiru, Dispora Kabupaten Bandung Borong Tiket Piala Dunia U-17 2023 untuk Pelajar

Stadion Si Jalak Harupat. foto: antara--

Patut Ditiru, Dispora Kabupaten Bandung Borong Tiket Piala Dunia U-17 2023 untuk Pelajar

KABUPATEN BANDUNG, oganilir.co - Apa yang dilakukan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung, patut dicontoh oleh kabupaten/kota lainnya di Tanah Air yang menjadi tuan rumah event olahraga dunia.

Tiket Piala Dunia U-17 2023 yang laga babak penyisihannya akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat akan diborong oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung. Selanjutnya ratusan atau ribuan tiket tersebut akan diberikan gratis kepada pelajar untuk menyaksikan pesepakbola dunia unjuk gigi di Stadion Si Jalak Harupat.

Kebijakan Pemerintah Kabupaten Bandung ini sesuai dengan keinginan Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang meminta pemerintah daerah untuk lebih berperan demi kelancaran penyelenggara Piala Dunia U-17 2023. PSSI tidak ingin Indonesia dinilai tidak siap.

BACA JUGA:Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona CONMEBOL, Messi Penentu Kemenangan Argentina Atas Ekuador

"Rencananya tiket gratis ini hanya untuk pelajar, dan maaf tidak untuk masyarakat umum. Mengenai berapa jumlah tiket yang tersedia untuk pertandingan apa saja, masih dalam tahap pematangan bersama instansi lainnya. Ini termasuk akan diberikan ke sekolah apa saja," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Bandung Kawaludin.

Kawaludin menegaskan bahwa kebijakan tersebut diambil merupakan bagian dari program Pemkab untuk turut meramaikan penyelenggaraan Piala Dunia U-17, khususnya di Bandung. Saat ini, kawasan Stadion Si Jalak Harupat sedang dipercantik untuk menyambut laga perdana pada 11 November 2023, yang akan mempertemukan Jepang melawan Polandia dan Argentina versus Senegal.

"Pembenahan serta perbaikan berbagai macam fasilitas juga telah kami lakukan, termasuk menyediakan tempat untuk fanzone di dalam kawasan stadion, mempercantik kawasan SOR dengan penempatan umbul-umbul serta baliho agar masyarakat tahu dan tertarik untuk datang ke stadion. Sebelumnya ada trophy experience untuk meramaikan dan publikasi menghangatkan "road to Piala Dunia," ujarnya.

BACA JUGA:Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023, Sumsel Siapkan Venue

Antusiasme warga Kabupaten Bandung memeriahkan Piala Dunia U-17 memang cukup tinggi.

Indra Gunawan, warga Soreang Indah, mengaku senang dan bangga karena Kabupaten Bandung bisa menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

"Kalau ada waktu pastinya ingin menonton langsung salah satu pertandingan Piala Dunia U-17. Kapan lagi bisa nonton tim-tim dari negara besar. Bisa saja bakal ada pemain besar yang lahir dari event ini. Tidak kebayang bagaimana kemeriahannya. Jadi penasaran," ujarnya.

Dari dunia pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) juga merencanakan mengajak siswa-siswi menyaksikan pertandingan secara gratis. Mereka akan ditemani para legenda sepak bola nasional.

Rencana menyediakan tiket gratis juga dilakukan lembaga pemerintah lain. Kementerian Kesehatan akan memberikan tiket gratis kepada tenaga medis yang sudah bekerja keras saat pandemi COVID-19. Ini sebagai bentuk apresiasi kepada tenaga medis tersebut.

Sumber: