Alhamdulillah 98 Siswa IT Ishlahul Ummah yang Keracunan Massal Mulai Membaik

Alhamdulillah 98 Siswa IT Ishlahul Ummah yang Keracunan Massal Mulai Membaik

98 Siswa sudah diperbolehkan pulang--

Alhamdulillah 98 Siswa IT Ishlahul Ummah yang Keracunan Massal Mulai Membaik 

PRABUMULIH, oganilir.co - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Prabumulih, dr Hesti Widyaningsih melalui Kabid Kesehatan Masyarakat, Djoko Listiano SKM mengatakan, ada total 138 pelajar SD IT dan SMP IT Ishlahul Ummah yang keracunan dan dirawat di rumah sakit.

Namun berdasarkan data sebanyak 98 orang sudah pulang ke rumah masing-masing, Jumat 10 November 2023.

"Update data terbaru kami sudah banyak pelajar yang berangsur pulih, bahkan yang tadinya dirawat sudah diperbolehkan pulang ke rumah karena kondisi nya membaik," ujar Djoko.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, dari total 138 pasien pelajar keracunan makanan tersebut. Masing-masing terdiri dari 70 pelajar dirawat di RS Ar Bunda dan 51 pelajar sudah diperbolehkan pulang. "Jadi di Bunda tersisa 19 pelajar lagi," sebutnya.

BACA JUGA:Ratusan Siswa IT Ishlahul Ummah Prabumulih Keracunan Massal

Sementara itu, untuk di RSUD Prabumulih terdapat 52 pelajar yang dirawat dan setelah menjalani perawatan sebanyak 48 orang sembuh dan pulang. "Masih ada 4 pelajar lagi yang dirawat di RSUD," jelasnya.

Lalu untuk di Rumah sakit Pertamina, Djoko mengaku ada 14 pelajar yang dirawat dan kemungkinan sore ada yang menyusul pulang ke rumah.

Terkait hal itu, pihaknya mengaku terus memantau para pasien baik yang masih di rumah sakit maupun yang sudah pulang ke rumah. "Kami imbau seluruh orang tua pelajar yang anaknya telah pulang dari rumah sakit agar menghubungi Dinas Kesehatan atau melalui layanan PSC 119 jika ada hal yang perlu penanganan terhadap anak," bebernya.

Disinggung mengenai sampel kue sus yang diduga menjadi penyebab ratusan pelajar keracunan, Djoko mengaku telah dikirim ke Balai laboratorium teknik kesehatan lingkungan Palembang untuk dilakukan pemeriksaan. "Kita masih menunggu hasilnya," tegasnya.

BACA JUGA:Hadiri Yudisium Mahasiswa PPG FKIP, ini Pesan Rektor Unsri

Terpisah, Direktur RSUD Kota Prabumulih drg Sriwidiastuti melalui Kasubag Humas H Denni Kurniawan SKM MSi membenarkan, saat ini hanya ada 4 siswa yang masih dirawat. "Yang dirawat masih 4, dari total 52 siswa," tukasnya.

Sumber: