Waspada! ini 4 Penyebab Handphone Rawan Meledak

Waspada! ini 4 Penyebab Handphone Rawan Meledak

Ilustrasi, foto ist--

Waspada! ini 4 Penyebab Handphone Rawan Meledak 

oganilir.co - Ponsel kini sudah menjadi kebutuhan penting bagi kita dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Ponsel juga menjadi barang yang selalu kita bawa kemana pun kita pergi.

Penting untuk diketahui bahwa penggunaan HP yang tidak benar dalam waktu lama memicu kerusakan parah pada HP. Bahkan, bisa memicu ponsel berasap dan meledak.

Lalu, apa saja hal-hal yang menyebabkan ponsel meledak? Kamu perlu mengetahuinya agar terhindar dari bahaya ponsel meledak dan kerusakan lainnya. 

1. Kondisi Baterai Sudah Rusak

Salah satu penyebab ponsel berasap dan meledak yaitu karena adanya masalah baterai atau baterai rusak. Jika baterai HP yang rusak tersebut terus digunakan, maka ini dapat memicu korsleting pada HP bahkan hingga meledak. Biasanya, baterai yang rusak atautak layak pakai juga bentuknya akan menggembung.

BACA JUGA:Pengguna iPhone Wajib Tahu, 7 Tips ini Bisa Bikin Battery Health Ponsel Kalian jadi Awet

2. Rendanya Kualitas Charger

Penyebab lainnya yang membuat HP berasap dan meledak yaitu produk charher yang digunakan kualitasnya rendah. Hal tersebut dikarenakan penggunaan charger yang kualitasnya rendah membuat umur ponsel menjadi pendek.

3. Ponsel Kepanasan

Tak jarang kita meletakkan HP sembarangan, padahal itu bisa menjadi berbahaya. Terlebih lagi jika menaruhnya dekat area sumber panas, seperti lampu, kompor, pemanas ruangan, dan perangkat elektronik lainnya yang bisa memicu HP jadi panas. Saat kondisi baterai panas, maka temperatur pemicu ledakan akan bertambah. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk tidak meletakan HP sembarang, apalagi didekat area pemicu panas. 

4. Ponsel Sering Terjatuh

Penyebab lainnya yang menyebabkan HP berasap dan meledak yaitu sering terjatuhnya ponsel. Oleh karena itu, ada baiknya saat memegang atau menggunakan HP selalu berhati-hati agar tidak gampang jatuh. Bila perlu, gunakan pelindung atau casing HP guna meminimalisir kerusakan HP saat terjatuh.

BACA JUGA:Intip Spesifikasi dan Harga Nokia G42 5G, Gunakan Chipset Snapdragon 480 Plus 5G

Sumber: