Pelaku Pungli Sopir Truk Jalintim Palembang-Betung Dikenakan Tipiring

Pelaku Pungli Sopir Truk Jalintim Palembang-Betung Dikenakan Tipiring

Ferly Rosa Putra melakukan rilis penangkapan pelaku pungli sopir truk di Jalintim Palembang-Betung, Senin 20 November 2023. --

Pelaku Pungli Sopir Truk Jalintim Palembang-Betung Dikenakan Tipiring

BANYUASIN, oganilir.co - Enam pelaku pungutan liar (pungli) terhadap supir truk di Jalan Lintas Timur (Jalintim), Palembang-Betung diamankan Polres Banyuasin.

"Penangkapan terhadap pelaku pungli, karena meresahkan masyarakat," kata Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra saat press release Operasi Pekat II Musi 2023, di halaman Mapolres Banyuasin, Senin 21 November 2023.

Ikut diamankan barang bukti berupa uang yang diduga hasil pungutan liar (pungli) sebesar Rp337 ribu. "Uang hasil pungli kita amankan," ucapnya. Untuk enam pelaku pungli ini sendiri diamankan oleh pihak kepolisian di lokasi yang berbeda seperti di Kecamatan Banyuasin III, Sembawa dan Talang Kelapa.

Modus pelaku pungli yaitu mengikuti truk yang berjalan perlahan dengan mengangkut bermacam muatan, kemudian diikuti oleh pelaku pungutan liar (pungli) memakai sepeda motor. "Mereka minta dengan cara paksa," imbuhnya.

BACA JUGA:ASN Banyuasin Minta Diusut Tuntas Dugaan Korupsi Pengelolaan Dana Korpri

Enam pelaku itu tidak ada oknum anggota aparat penegak hukum dalam kegiatan pungli tersebut. "Semua pelaku merupakan orang sipil," jelasnya. Lebih lanjut dirinya menerangkan untuk enam pelaku tidak dilakukan penahanan, sebab masuk dalam tindak pidana ringan (tipiring). "Tidak ditahan" tukasnya.

Pengamanan terhadap pelaku pungli ini sebagai pembelajaran, bagi siapapun yang melakukan pungli akan ditangkap serta dapat diproses. "Kita juga minta kepada masyarakat melapor, jika mengetahui ada aksi pungli," pungkasnya.

Sebelumnya viral di media sosial (medsos) aksi pemalakan terhadap supir truk diduga muatan minyak ilegal di Jalan Lintas Timur (Jalintim), Palembang-Betung, mulai dari lapangan sepak bola Musi Landas hingga ke lapangan sepak bola Serong, Oktober lalu. 

BACA JUGA:Viral! Oknum Dishub Prabumulih Diduga Lakukan Pungli, ini Kata Kadishub

Aksi pemalakan itu makin marak terjadi dalam beberapa hari terakhir dilakukan beberapa orang dengan menggunakan sepeda motor tanpa nomor polisi, pakai helm lengkap, pakai masker serta berjaket.

Dari dua video yang dishare ke medsos itu yang berdurasi 17 detik dan 21 detik, terlihat pengendara sepeda motor menyalip dari bagian kanan kendaraan truk. Selanjutnya menyodori tangan meminta yang kepada sopir truk itu, usai diberi yang pengendara sepeda motor kabur. 

 

 

Sumber: