Pemerintah Sudah Lama Wajibkan Seluruh Mobil Mesin Diesel di Indonesia Gunakan Standar Emisi Euro 4, Kabarnya?

Senin 27-02-2023,04:32 WIB
Editor : Julheri

PALEMBANG, OGANILIR.CO – Sejak April 2022, Pemerintah telah mewajibkan seluruh mobil mesin diesel di Indonesia menggunakan standar emisi Euro 4 (standar Eropa). 

Upaya ini salah satunya untuk menekan emisi dan polusi udara yang mencemari lingkungan. 

Beberapa brand otomotif  pun sudah meluncurkan produk Euro 4 memenuhi standar yang diwajibkan 

Pemerintah serta bersaing merebut pasar, terutama untuk kendaraan truk, seperti Mitsubishi, Hino, dan Isuzu.

BACA JUGA:Sumeks Electric Motor Show 2023 Bakal Tampilkan Produk Mobil Teranyar di OPI Mall Jakabaring 15-19 Maret 2023

BACA JUGA:Jual Rokok Ratusan Juta, Sales PT Surya Madistrindo Menghilang, Sopir Ditinggal, Mobil Perusahaan Dibawa Kabur

Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) telah memigrasi produk truknya dari Euro 2 ke Euro 4. 

Dengan teknologi Euro 4, emisi gas buang kendaraannya pun menjadi lebih ramah lingkungan dan di bawah batas zat pencemar udara. 

Standar emisi Euro 4, yakni CO: 0,50 g/km HC+NOx: 0,30 g/km NOx: 0,25 g/km PM: 0,025 g/km, lebih rendah dibanding batas emisi Euro 2, CO: 1,00 g/km HC + NOx: 0,70 g/km PM: 0,08 g/km.

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), selaku distributor resmi kendaraan niaga MFTBC di Indonesia, telah secara resmi memasarkan jajaran produk Euro 4, yakni 15 varian Canter dan 14 varian Fighter X. 

BACA JUGA:Sumeks Electric Motor Show 2023 Bakal Tampilkan Produk Mobil Teranyar di OPI Mall Jakabaring 15-19 Maret 2023 

BACA JUGA:Jual Rokok Ratusan Juta, Sales PT Surya Madistrindo Menghilang, Sopir Ditinggal, Mobil Perusahaan Dibawa Kabur

Keduanya mewarisi DNA “Colt Diesel”, produk kendaraan niaga terlaris di Indonesia, Colt Diesel dan Fighter berganti nama menjadi Canter dan Fighter X.

Truk medium yang diluncurkan awal tahun 2022 ini, masing-masing memiliki mesin 4V21 dan mesin 6M60 dengan teknologi Common Rail yang dapat menghasilkan tenaga mesin maksimal, torsi lebih tinggi di range RPM yang lebih panjang, sehingga performanya lebih optimal. 

Selain itu, teknologi Exhaust Gas Recirculation, Positive Crankcase Ventilation, dan Diesel Oxidation Catalyst Muffler mampu menurunkan kadar emisi NOx (Nitrogen Oxide) sehingga emisi gas buang kendaraan lebih ramah lingkungan.

Kategori :