Lestarikan Lingkungan, Kodim 0402/OKI-OI Tanam Pohon dan Bersihkan Pasar

Lestarikan Lingkungan, Kodim 0402/OKI-OI Tanam Pohon dan Bersihkan Pasar

Penanaman pohon di embung konservasi Kayuagung, Foto :Istimewa--

Lestarikan Lingkungan, Kodim 0402/OKI-OI Tanam Pohon dan Bersihkan Pasar

KAYUAGUNG, oganilir.co - Guna menjaga kelestarian lingkungan, Kodim 0402/OKI-Ogan Ilir melakukan penanaman pohon di embung konservasi serta bahu membahu membersihkan pasar Indralaya, Kamis 14 Desember 2023.

Penanaman pohon itu dilakukan Komandan Kodim 0402/OKI-OI, Letkol Inf Irsyad Mahdi Pane bersama pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) instansi terkait. Termasuk Forkopimda OKI, pelajar dan masyarakat.

Disampaikan Dandim OKI, Letkol Inf Irsyad Mahdi Pane, pelaksanaan penanaman berbagai pohon di embung konservasi Kayuagung ini juga penting. Terutama untuk pelestarian lingkungan agar tidak gersang.

"Penanaman pohon kembali hari ini bersama forkopimda dan pemerintah OKI adalah untuk kelestarian lingkungan di Kabupaten OKI sangat penting," ujar Dandim.

BACA JUGA:Cegah DBD, Kodim OKI Gelar Karya Bakti Bersihkan Saluran Air

Dandim menjelaskan, kegiatan penanaman pohon ini masih dalam rangkaian peringatan Hari Juang ke-78 TNI AD. Jadi ini merupakan karya bakti.

"Pohon yang ditanam ini nantinya banyak manfaatnya yaitu dapat berguna sebagai pemecah sirkulasi angin supaya udara tersebar merata dalam satu kawasan dan dapat menciptakan lingkungan yang asri," jelasnya.

Tak hanya itu, dikatakan Dandim, dengan menanam pohon, berarti juga membantu melestarikan ekosistem para makhluk hidup disekitarnya,.

"Yang jelas penanaman pohon ini merupakan penghijauan sehingga lingkungan kembali asri dan sehat tanpa adanya pencemaran," ucapnya.

BACA JUGA:Lahan Bekas Karhutla Dihijaukan Kodim 0402 OKI

Masih disampaikan Dandim, Kodim OKI/OI pada hari ini selain melakukan penanaman pohon juga melakukan pembersihan pasar Indralaya Kabupaten Ogan Ilir.

"Tadi juga dilakukan karya bakti pembersihan pasar Indralaya dipimipin Danramil 402-12/Pemulutan Kapten Inf Widodo," kata Dandim.

Pada pelaksanaan pembersihan pasar bukan hanya prajurit TNI saja tetapi juga melibatkan unsur Polri dan pemerintah Kabupaten Ogan Ilir serta pelajar.

"Adanya pembersihan pasar ini selain menjadikan lingkungan pasar bersih juga membangkitkan semangat gotong royong serta mencegah timbulnya penyakit penyakit demam berdarah (DBD)," ungkap Dandim.

BACA JUGA:Kodim 0406 MLM Hijaukan Kawasan Danau Aur

Dandim menambahkan, rangkaian kegiatan yang dilaksanakan Kodim bersama pemerintah kabupaten dan unsur lainnya adalah merupakan bentuk kemanunggalan TNI kepada rakyat.

Ini adalah memberikan buktinya bahwa TNI itu hadir untuk masyarakat beserta pemerintah dalam memecahkan permasalahan yang ada.

Sumber: