Ini Waktu-Waktu yang Tepat Berdoa Kepada Allah SWT

Ini Waktu-Waktu yang Tepat Berdoa Kepada Allah SWT

Ilustrasi.--

Ini Waktu-Waktu yang Tepat Berdoa Kepada Allah SWT

oganilir.co - Umat muslim setelah melaksanakan salat selalu berdoa. Memanjatkan doa kepada Allah SWT biasanya diawali dengan berzikir setelah salat

Doa adalah salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah SWT. Doa dapat juga menjadi langkah untuk menenangkan jiwa, dan jalan dari sebuah permintaan atau harapan agar diijabah Allah SWT.

Dikutip dari muslim.or.id, Allah memahami keadaan manusia yang lemah dan senantiasa membutuhkan akan Rahmat-Nya. Manusia tidak pernah lepas dari keinginan, yang baik maupun yang buruk.

Maka kita tidak perlu heran jika Allah Ta’ala melaknat orang yang enggan berdoa kepada-Nya. Orang yang demikian oleh Allah ‘Azza Wa Jalla disebut sebagai hamba yang sombong dan diancam dengan neraka Jahannam. Allah Ta’ala berfirman:

BACA JUGA:Hukum Memelihara Anjing Dalam Islam, ini Penjelasannya

“Berdoalah kepadaKu, Aku akan kabulkan doa kalian. Sungguh orang-orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada-Ku, akan dimasukkan ke dalam neraka Jahannam dalam keadaan hina dina” (QS. Ghafir: 60)

Sahabat muslim yang berdoa sebaiknya mengetahui waktu-waktu yang baik untuk memohon kepada Allah SWT. Ada beberapa waktu dimana saat yang paling mustajab untuk berdoa. Kapan saja waktunya?

1.    Sepertiga Malam Terakhir

Sepertiga malam yang paling akhir adalah waktu yang penuh berkah, sebab pada saat itu Rabb kita Subhanahu Wa Ta’ala turun ke langit dunia dan mengabulkan setiap doa hamba-Nya yang berdoa ketika itu.

Allah Ta’ala mencintai hamba-Nya yang berdoa disepertiga malam yang terakhir. Allah Ta’ala berfirman tentang ciri-ciri orang yang bertaqwa, salah satunya:   

BACA JUGA:Warga Toba Penghujat Umat Islam Ditangkap, Lihat Tampangnya Tanpa Rasa Bersalah          

“Ketika waktu sahur (akhir-akhir malam), mereka berdoa memohon ampunan” (QS. Adz Dzariyat: 18)

2.    Malam Lailatul Qodar

Sumber: