Azan Berkumandang, 4 Hal ini Jangan Dilakukan Muslim

Azan Berkumandang, 4 Hal ini Jangan Dilakukan Muslim

Ilustrasi.--

2. Berbicara 

Meskipun tidak dilarang secara tegas, disarankan untuk tidak berbicara saat azan berkumandang, kecuali jika ada keadaan darurat.

3. Menghentikan Salat 

Jika seseorang sedang dalam proses saolat dan mendengar azan, dilarang untuk menjawab adzan atau menghentikan sholat. Sebaiknya, setelah sholat selesai, barulah ia boleh menjawab panggilan azan.

Hal yang sama berlaku jika seseorang mendengar azan saat berada di kamar mandi atau WC. Ia sebaiknya menunggu sampai keluar dari kamar mandi sebelum menjawab azan.

BACA JUGA:Pelafazan Kata Amin Dalam Doa, Berikut Fiqihnya, Belajar Yuk

4. Berjual Beli

Terdapat larangan berjualan saat adzan berkumandang, seperti yang disebutkan dalam surah Al-Jumu'ah ayat 9. Namun, ini berkaitan dengan azan yang dikumandangkan pada waktu khusus, yaitu azan Jumat setelah matahari terbenam dan imam duduk di atas mimbar.

Dalam konteks ini, diperluas pandangan mengenai adzan dengan pembagian lafal dan doa saat adzan. Salah satu lafal yang bisa diamalkan saat adzan adalah:

"Wa anna asyhadu allaa illaaha illallaah wa anna muhammadar rasuulullah radhitubillahi rabba wa bimuhammadin rasula wa bil islamidina."

Doa ini dapat dibaca setelah muazin atau orang yang melakukan adzan menyebutkan lafaz sholawat pada azan.

Yaitu, setelah lafaz:

BACA JUGA:Hukum Memelihara Anjing Dalam Islam, ini Penjelasannya

"أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَٰهَ إِلَّا اللَّهُ، أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ"

(Aku menyaksikan bahwa tiada Tuhan selain Allah. Aku menyaksikan bahwa Nabi Muhammad itu adalah utusan Allah).

Sumber: