132 Korban Tewas Jembatan Tua Morbi Runtuh di India Sebagian Besar Remaja, Wanita dan Orang Tua

132 Korban Tewas Jembatan Tua Morbi Runtuh di India Sebagian Besar Remaja, Wanita dan Orang Tua

Petugas penyelamat sedang melakukan proses pencarian dan penyelamatan di bawah jembatan gantung di Morbi Minggu 30 Oktober 2022. foto: @ndtv/oganilir.co.--

BACA JUGA:Man City Hanya Semalam di Puncak Klasemen Liga Inggris, Arsenal Pesta Gol 5-0 Kontra Nottingham

Runtuhnya jembatan adalah bencana besar ketiga di Asia yang melibatkan banyak orang dalam sebulan.

Pada Sabtu, gelombang kerumunan Halloween menewaskan lebih dari 154 sebagian besar anak muda yang menghadiri perayaan di Itaewon, Korea Selatan.

Pada 1 Oktober, polisi di Indonesia menembakkan gas air mata ke pertandingan sepak bola, menyebabkan tabrakan yang menewaskan 135 orang saat para penonton berusaha melarikan diri. 

Acara road show yang akan diikuti Perdana Menteri India Narendra Modi pada Senin, 31 Oktober 2022 terpaksa dibatalkan, menyusul insiden runtuhnya jembatan gantung di distrik Morbi yang telah menewaskan ratusan orang.

BACA JUGA:Kabar Duka, Aktor Lee Jihan juga Masuk Daftar Korban Tewas dalam Tragedi Halloween di Itaewon

Modi yang sedang dalam tur tiga hari ke Gujarat dan Rajasthan telah memutuskan untuk membatalkan roadshow yang akan diadakan di Ahmedabad pada Senin, 31 Oktober 2022.

"Tidak akan ada program perayaan yang akan diadakan besok setelah tragedi Morbi yang banyak memakan korban jiwa termasuk wanita, anak-anak, dan orang tua," ujar penyelenggara media BJP Gujarat, Yagnesh Dave seperti dimuat One India.

Namun, Dave menyebut jika program resmi termasuk peletakan batu pertama oleh PM Modi untuk fasilitas Pesawat C-295 dan program proyek Kereta Api senilai 2900 kror tetap akan diselenggarakan  sesuai jadwal.

Menteri Negara Bagian Harsh Sanghvi mengatakan jika korban teridentifikasi meninggal dunia saat ini berjumlah 132 orang, dan diperkirakan akan terus bertambah.

BACA JUGA:Man City Hanya Semalam di Puncak Klasemen Liga Inggris, Arsenal Pesta Gol 5-0 Kontra Nottingham

Pejabat setempat menyebut jika jembatan runtuh ke sungai karena tidak mampu menahan beratnya kerumunan warga yang hadir dalam perayaan Diwali baru-baru ini.

Dari postingan video terlihat orang-orang berpegangan pada kabel dan memanjat sisa-sisa jembatan yang runtuh, sekuat tenaga mencoba bertahan sampai tim darurat datang menolong mereka.

Sebagian lain yang jatuh ke sungai mencoba menggapai sesuatu agar tidak tenggelam dan sebagian berenang ke tepian.

Menurut kantor perdana menteri (PMO), Modi sedih dengan tragedi yang menimpa warganya di Morbi dan mengatakan telah  berkoordinasi dengan Ketua Menteri Gujarat, Bhupendra Patel dan pejabat lainnya mengenai insiden tersebut.

Sumber: rmol