Kubah Emas Masjid Al-Huda Kabupaten Buru Digondol Maling, Begini Ceritanya

Kubah Emas Masjid Al-Huda Kabupaten Buru Digondol Maling, Begini Ceritanya

Bagian atas kubah Masjid Al-Huda berlapiskan emas digondol maling. --

Kubah Emas Masjid Al-Huda Kabupaten Buru Digondol Maling, Begini Ceritanya 

BURU, oganilir.co - Masjid Kubah Emas tak hanya berada di Kota Depok, Jawa Barat. Masjid Al-Huda yang terletak di Kabupaten Buru, Maluku memiliki emas pada kubahnya. Tidak tanggung-tanggung, emas yang diletakkan pada bagian atas kubah itu beratnya mencapai 2,6 kg.

Kepala kubah Masjid Al-Huda berlafaz Allah itu terbuat dari 2,6 kilogram, raib digondol maling. Bagaimana kejadiannya?

Raja Petuanan Negeri atau Desa Kaiely, Fandi Ashari Wael mengatakan, kasus pencurian kepala kubah masjid itu terjadi pada Senin 4 Maret 2024 pukul 07.00 WIT.

Pencurian itu baru disadari oleh warga setelah seorang pria yang rumahnya berada tepat di depan masjid sedang menyeruput kopi pada pagi hari.

BACA JUGA:Shafa Wedding Organizer Layanan Paket Pernikahan di Masjid Agung Palembang, Segini Biayanya

Pria itu kemudian merasa ada yang janggal saat memandangi masjid dari teras rumah. Hingga akhirnya dia menyadari kepala kubah masjid berlafaz Allah yang terbuat dari emas itu telah tidak ada di tempatnya.

"Dia merasa janggal setelah melihat kepala kubah emas masjid berukiran lafaz Allah sudah tidak ada lagi di tempatnya," kata Fandi, Selasa 5 Mret 2024.

Saksi tersebut akhirnya menyebarkan informasi kasus pencurian itu. Warga pun geger, sebab mereka tak menyangka kepala kubah emas seberat 2,6 kilogram pemberian para penambang emas Gunung Botak itu bisa dicuri.

Warga setempat juga telah membuat laporan resmi ke polisi agar pihak berwajib segera menyelidiki kasus ini dan segera menangkap pelaku.

BACA JUGA:Masjid Al-Mulk Amin Ogan Ilir Gelar Israk Mikraj

Menurut Fandi, warga sebenarnya sempat melihat sejumlah pria tidak dikenal sering lalu lalang di depan masjid. Warga menduga para pria tak dikenal itu sebagai pelaku pencurian.

"Tetapi tak disangka kehadiran mereka pertanda akan terjadi pencurian," katanya.

 

Sumber: