Buka Musrenbang, Pj Bupati Banyuasin Ingatkan Kepala SKPD

Buka Musrenbang, Pj Bupati Banyuasin Ingatkan Kepala SKPD

Musrenbang Kabupaten Banyuasin.--

Buka Musrenbang, Pj Bupati Banyuasin Ingatkan Kepala SKPD

BANYUASIN, oganilir.co - Penjabat Bupati Banyuasin H Hani Syopiar Rustam SH membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2025 di Gedung Graha Sedulang Setudung, Kamis 28 Maret 2024.

Pj Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam mengatakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) ini merupakan salah satu agenda penting dalam proses perencanaan di Kabupaten Banyuasin satu tahun ke depan untuk merumuskan dan menyepakati sasaran dan prioritas Pembangunan daerah.

Termasuk program, kegiatan dan sub kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi serta penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi dan nasional.

BACA JUGA:Pilkada Banyuasin: Demokrat Usung Kader, Salah Satunya Adik Pj Bupati

Oleh karena itu, dalam proses menyusun RKPD tahun 2025 ini, ia meminta semua pimpinan dan aparatur di seluruh OPD serta seluruh stakeholders untuk sama-sama mencurahkan pemikiran, inovasi serta mampu mengintegrasikan pembangunan lintas sektor secara terukur mengedepankan target-target kinerja. 

"Sehingga dibutuhkan sinergitas, kolaborasi, diskusi, yang harus kita lalui, termasuk Musrenbang dapat memberikan masukan yang bersifat membangun,” kata Hani didampingi Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Banyuasin Ir Kosarudin.

Dari sisi manajemen penyelenggaraan pemerintah daerah sendiri Hani menambahkan ada beberapa pencapaian Kabupaten Banyuasin seperti nilai Indeks Reformasi Birokrasi kabupaten Banyuasin Tahun 2023 mencapai angka 70,23 atau kriteria BB capaian ini meningkat dari tahun 2022 di angka 57,19 atau kriteria CC, untuk nilai Monitoring Centre for Prevention atau MCP KPK Kabupaten Banyuasin tahun 2023 mencapai 76,85 angka ini meningkat dari capaian tahun 2022 sebesar 66,29.

BACA JUGA:Alhamdulillah, THR PNS-PPPK Pemkab Banyuasin Cair

Selanjutnya hasil evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah secara nasional Tahun 2023 Berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota Tahun 2022 sebagaimana hasil Kepmendagri Nomor 100.2.1.7-6646 Tahun 2023.

"Kabupaten Banyuasin berada di peringkat 36 dari 415 kab/kota se-Indonesia dan peringkat 2 dari 17 kabupaten/kota se-Sumsel dengan nilai 3,375 kategori sedang," ucapnya. 

Capaian ini kata Hani mengalami peningkatan 195 peringkat di Tingkat nasional dan naik 5 peringkat di tingkat provinsi Sumatera Selatan. "Meningkat jika dibandingkan capaian tahun 2022 dengan nilai sebesar 2,34 atau kategori rendah," ucapnya.

Sebagai informasi, angka kemiskinan Kabupaten Banyuasin pada tahun 2022 sebesar 10,00 persen dan pada tahun 2023 turun menjadi 9,58 persen, kemiskinan ekstrem Kabupaten Banyuasin juga menurun dari 3,07 pada tahun 2022 menjadi 0,56 persen pada tahun 2023. 

BACA JUGA:Sah, Erwin Ibrahim Jabat Ketua PII Banyuasin

Sumber: