7 Pekerja Kemanusiaan Tewas Dibunuh Tentara Israel, Biden Ultimatum Netanyahu

7 Pekerja Kemanusiaan Tewas Dibunuh Tentara Israel, Biden Ultimatum Netanyahu

Joe Biden.--

7 Pekerja Kemanusiaan Tewas Dibunuh Tentara Israel, Biden Ultimatum Netanyahu

oganilir.co - Sikap Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden kepada Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu semakin keras menyikapi perang di Gaza, Palestina.

Joe Biden mengultimatum Benjamin Netanyahu. Biden memperingatkan Netanyahu untuk melindungi warga sipil Palestina di Gaza atau Washington akan mengurangi dukungan untuk Tel Aviv.

Biden menghubungi Netanyahu dan menyampaikan kelanjutan dukungan AS akan bergantung pada tindakan Israel. Biden mendesak agar segera dilakukan gencatan senjata.

Dilansir AFP, Jumat (5/4/2024), Biden menghubungi Netanyahu beberapa saat setelah terjadinya pembunuhan tujuh pekerja bantuan oleh Israel yang menurut Israel adalah sebuah kesalahan.

BACA JUGA:AS Tidak Memveto Resolusi Gencatan Senjata di Gaza, Biden Diam-Diam Jual Bom ke Israel

Dalam pernyataan yang disampaikan Gedung Putih, Biden mendesak Netanyahu untuk mengumumkan dan menerapkan serangkaian langkah spesifik, konkret, dan terukur untuk mengatasi kerugian sipil, penderitaan kemanusiaan, dan keselamatan warga sipil, pekerja bantuan.

"Menjelaskan bahwa kebijakan AS sehubungan dengan Gaza akan ditentukan oleh penilaian kami terhadap tindakan segera Israel terhadap langkah-langkah ini," kata Biden.

Biden menyampaikan kepada Netanyahu kalau serangan terhadap pekerja kemanusiaan tidak dapat diterima. Apalagi PBB telah memperingatkan akan terjadinya kelaparan di Gaza.

"Menggarisbawahi bahwa gencatan senjata segera sangat penting untuk menstabilkan dan memperbaiki situasi kemanusiaan dan melindungi warga sipil yang tidak bersalah. Dia mendesak Netanyahu untuk memberdayakan para perundingnya untuk mencapai kesepakatan tanpa penundaan untuk memulangkan para sandera," ucap Biden.

BACA JUGA:Pria Israel Ditangkap di Malaysia, Punya 6 Senpi, Dugaan Agen Mossad

Ultimatum Biden ke Netanyahu

Biden memberikan ultimatum kepada Netanyahu saat keduanya bercakap via telepon pekan ini. Biden memperingatkan Netanyahu untuk melindungi warga sipil Palestina di Gaza atau Washington akan mengurangi dukungan untuk Tel Aviv.

Dilansir Reuters, komunikasi Biden dengan Netanyahu lewat telepon itu berlangsung selama 30 menit pada Kamis (4/4) kemarin. Kematian tujuh relawan yang bekerja untuk badan amal bantuan pangan World Central Kitchen (WCK), yang berbasis di AS itu, menuai kemarahan global.

Sumber: