Dihukum Bersihkan Sampah, Sanksi Bagi Pelaku Buang Sampah Sembarangan di Prabumulih, Khusus di Kelurahan Ini

Dihukum Bersihkan Sampah, Sanksi Bagi Pelaku Buang Sampah Sembarangan di Prabumulih, Khusus di Kelurahan Ini

Staf Kelurahan Gunung Ibul, Prabumulih Timur memberi sanksi membersihkan lingkungan pada warga buang sampah sembarangan. foto: dian/koransumeks/oganilir.co--

PRABUMULIH, OGANILIR.CO – Dua pelaku pembuang sampah sembarangan di Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan PRABUMULIH Timur, Kota PRABUMULIH, Sumatera Selatan disangksi pihak kelurahan dan Karang Taruna Kelurahan Gunung Ibul. 

Kedua pelaku kedapatan membuang sampah di dekat jembatan Jalan Padat Karya dan di Taman Gunung Ibul, Rabu, 23 November 2022. 

Keduanya pun dibawa ke Kantor Lurah Gunung Ibul.

Usai ditanyai, keduanya keluar menggunakan rompi khusus “pelaku pembuang sampah sembarangan” dan diberikan hukuman dengan menyapu halaman kantor lurah. 

BACA JUGA:Dana Hibah Miliaran Bawaslu Bikin Silau Mata, 3 Kasus di Sumsel Digarap Jaksa, Kasus Terkini di Prabumulih

Para pelaku juga diekspos ke media sosial (medsos) sebagai sanksi sosial bagi mereka.

Kejadian itu hanyalah reka adegan yang dilakukan pihak kelurahan bekerja sama dengan karang taruna untuk memberikan efek jera pada masyarakat jika kedapatan membuang sampah sembarangan.

Lurah Gunung Ibul, Fitriyadi SH mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk menuju Gunung Ibul Berani (Bersih Rapi dan Indah). 

“Makanya kita adakan sosialisasi ini,” sebutnya mengatakan ini media sosialisasi atau media kampanye untuk menuju kelurahan berani.  

BACA JUGA:Matador Berpesta, Hancurkan Kosta Rika 7 Gol Tanpa Balas, Spanyol Trauma Lihat Tragedi Jerman dan Argentina

“Kita menggambarkan orang yang buang sampah sembarangan ditindak dibawa ke kantor lurah dan diberikan sanksi sosial diberikan rompi pelanggar sampah dan dibawa ke kantor lurah. Namun, untuk aturan resmi terhadap sanksi pembuang sampah, kita masih menunggu,” sambungnya.

Kampanye tersebut, dilakukan berawal dari keprihatinan pihaknya dimana masih banyak yang buang sampah sembarangan. 

“Jadi bukan hanya sanksi tapi membentuk karakter masyarakat untuk jangan buang sampah sembarangan,” tukasnya. (chy)

 

Sumber: