Ratusan Massa Demo PT Bukit Asam, Desak Terima 50 Persen Tenaga Kerja Lokal, Batas Waktu Tuntutan 1 Minggu

Ratusan Massa Demo PT Bukit Asam, Desak Terima 50 Persen Tenaga Kerja Lokal, Batas Waktu Tuntutan 1 Minggu

Ratusan warga Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim protes dan kecewa berat dengan penerimaan tenaga kerja lokal di PTBA di areal tambang Banko Barat, Selasa, 6 September 2022. foto tangkapan layar/video warga/oganilir.co--

MUARA ENIM, OGANILIR.CO - Ratusan warga turun ke jalan. Mereka protes kebijakan PT Bukit Asam (BA) dan Subkontraktor yang tidak berpihak pada warga sekitar perusahaan.

Yaitu warga Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. 

Aksi demo besar-besaran mereka gelar di PTBA areal tambang Banko Barat, Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, hari ini, Selasa, 6 September 2022.

Mereka menilah PT Bukit Asam dan Subkontraktor tidak berpihak terhadap masyarakat lokal. Utamanya tentang perekrutan tenaga kerja.

BACA JUGA:Stop, Menjelekkan Brigadir Josua, Tak akan Meringankan Hukuman Mu Jenderal, Fokus Saja 340!

Pantauan di lapangan, ratusan massa dalam guyuran hujan lebat berorasi di gerbang pintu masuk akses tambang Banko Barat PTBA sekitar pukul 06.00 WIB. 

Ratusan massa ini tiba dengan angkutan roda empat dan dua. Dalam sekejap memadati jalan akses tambang Banko Barat PTBA. 

Dengan komando koordinator lapangan mereka melakukan orasi sekitar dua jam dengan membawa berbagai spanduk dan kertas karton yang isinya tuntutan.

Massa minta aspirasi mereka didengar. Massa kecewa berat dengan kebijakan PTBA, utamanya dengan penerimaan tenaga kerja lokal. Bahkan massa menilai perusahaan PT BA telah wanprestasi.

BACA JUGA:Santri Tewas Dianiaya, Begini Penjelasan Pondok Pesantren Gontor

Usai menyampaikan orasinya perwakilan massa melakukan mediasi dengan manajemen PT Bukit Asam di aula pertemuan Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim yang sifatnya tertutup bagi media.

Mediasu juga mendapat pengamanan dari jajaran Polres Muara Enim. Tampak hadir langsung Kapolres Muara Enim, AKBP Aris Rusdiyanto.

Juga manajemen PTBA diwakili General Manager Pertambangan Unit Tanjung Enim (GMUPTE) Venpri Sagara.

Hadir juga Kadisnaker Muara Enim, Camat Lawang Kidul, Kades Lingga dan 20 orang perwakilan massa aksi yang dipimpin oleh Amat Nangwi.

Sumber: