Kapolda Irjen Rachmad Wibowo : Ayo Hentikan Kebiasaan Membakar Lahan

Kapolda Irjen Rachmad Wibowo : Ayo Hentikan Kebiasaan Membakar Lahan

Kapolda Sumsel Irjen A Rachmad Wibowo --

Kapolda Irjen Rachmad Wibowo : Ayo Hentikan Kebiasaan Membakar Lahan

OGANILIR.CO-PALEMBANG - Kapolda Sumsel Irjen A Rachmad Wibowo  menegaskan, agar masyarakat jangan membiasakan membakar lahan.

"Ayo hentikan kebiasaan membakar lahan," tegas Kapolda Sumsel  pada acara apel dan simulasi penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Provinsi Sumsel yang digelar dilapangan Griya Agung Palembang, Sabtu, 20 Juli 2024.

Kapolda mengatakan,  pihaknya tetap mempersiapkan segala sesuatu untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya karhutla diwilayah Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Pentingnya Mengeluarkan Zakat

“Walaupun perkiraan dari pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

(BMKG) menyatakan bahwa tahun 2024 ini tidak seperti tahun sebelumnya (2023), saya tetap mengajak semua pihak untuk bersama-sama mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Terutama masyarakat yang didaerahnya menjadi langganan karhutla,” tegasnya.

Menurut Kapolda, ada dua kategori daerah karhutla, yaitu daerah rawan karhutla dan daerah potensi karhutla. 

BACA JUGA:Laga Uji Coba Liga inggris, Tottenham Hotspur-MU Kompak Menang

“Daerah rawan karhutla yaitu wilayah yang dari tahun ke tahun terus yang terbakar alias lokasinya itu itu saja. Sedangkan yang potensi karhutla merupakan daerah yang sebelumnya tidak terbakar, namun karena masyarakatnya tahu bahwa disitu bisa dijadikan ladang pertanian dan perkebunan/ladang, kemudian dibakar,” urainya.

Kapolda juga meminta kepada masyarakat menyadari, bahwa hasil kajian yang dilakukan pihak kepolisian ditahun 2023, merumuskan kesimpulan bahwa diseluruh wilayah yang terbakar ditahun 2023 itu sangaja dibakar. Oleh karenanya, dirinya meminta agar kebiasaan (membakar lahan) tersebut dihentikan.

“Mari kita secara bersama sama menjaga lingkungan, bersama sama menjaga kesehatan dan kenyamanan, karena dampak yang ditimbulkan karhutla ini berpengaruh pada banyak sendi kehidupan,” tegasnya.

BACA JUGA:Menko Airlangga Pimpin Apel dan Simulasi Karhutla di Sumsel

Disinggung kesiapan Polda Sumsel menghadapi karhutla, jenderal dengan dua bintang dipundak tersebut menegaskan sudah mempersiapkan personel dan peralatan sebagaimana yang dimiliki oleh Manggala Agni. 

Sumber: