Maskapai Voepass Linhas Aereas Jatuh di Perkumiman Sao Paulo, 57 Penumpang Tewas

Maskapai Voepass Linhas Aereas Jatuh di Perkumiman Sao Paulo, 57 Penumpang Tewas

Petugas melakukan evakuasi terhadap maskapai yang jatuh di Sao Paulo, Brasil, Jumat 9 Agustus 2024 siang.--

SAO PAULO, oganilir.co - Kecelakaan maskapai penerbangan terjadi di Sao Paulo, Brasil, Jumat 9 Agustus 2024 siang. Maskapai Voepass Linhas Aereas mengalami kecelakaan udara di Sao Paulo yang menyebabkan 57 korban tewas. Mereka terdiri dari 51 penumpang dan 6 kru pesawat.

Dilansir CNN dan BBC, Sabtu 10 Agustus 2024, maskapai penerbangan itu awalnya mengatakan ada 58 penumpang, tetapi kemudian merevisi angkanya menjadi 57 penumpang.

"Perusahaan dengan menyesal mengumumkan bahwa seluruh 51 orang di dalam Pesawat 2283 meninggal di tempat kejadian," kata Voepass dalam sebuah pernyataan.

Brasil Globo melaporkan, beberapa penumpang yang seharusnya naik pesawat itu batal terbang. Sedikitnya 10 orang menunggu di gerbang yang salah dan ketinggalan pesawat sebelum lepas landas.

BACA JUGA:Menhub Ingatkan Maskapai Tidak Naikkan Tiket Melewati TBA, Melanggar Sanksi Menunggu

"Mereka berkata kepada saya, 'Tuan, Anda tidak boleh naik pesawat ini karena kita sudah melewati batas keberangkatan.' Saya bahkan sedikit menekan mereka. 'Tuan, naikkan saya ke pesawat ini, saya harus pergi,' lalu dia berkata, 'Tidak mungkin, yang bisa saya lakukan adalah memesan ulang tiket Anda'," kata pria itu kepada Globo.

Ketika mereka menyadari bahwa mereka berada di gerbang yang salah, para penumpang memohon kepada karyawan bandara untuk naik ke pesawat tetapi diberitahu bahwa mereka tidak bisa.

Pesawat Jatuh di Permukiman Warga

Pesawat turboprop bermesin ganda itu terbang dari Cascavel di negara bagian selatan Parana menuju bandara Guarulhos di kota Sao Paulo. Pesawat kemudian dilaporkan jatuh di kota Vinhedo.

Rekaman yang beredar di media sosial menunjukkan sebuah pesawat turun secara vertikal, berputar-putar saat jatuh.

BACA JUGA:Tanpa Sebab, Maskapai LATAM Airlines Terjun Bebas, Penumpang Beterbangan

Pihak berwenang mengatakan pesawat mendarat di kawasan permukiman, tetapi tidak ada seorang pun di warga setempat yang terluka. Semua korban tewas adalah mereka yang berada di dalam pesawat.

Mereka mengatakan hanya satu rumah di kompleks kondominium setempat yang rusak, sementara tidak ada penghuni yang terluka.

Jaringan televisi GloboNews Brasil menunjukkan gambar area yang luas terbakar dan puing-puing yang berasap di area yang penuh dengan rumah. Polisi dan pemadam kebakaran berada di lokasi kejadian dan rumah sakit setempat telah disiagakan.

Sumber: