Tim Fahmil Quran Putri Sumsel Juara I dan Putra Juara II, MTQN Di Kaltim Tahun 2024

Tim Fahmil Quran Putri  Sumsel Juara I dan Putra Juara II, MTQN Di Kaltim Tahun 2024

Tim Fahmil Putri juara 1 MTQN di Kaltim--

OGANILIR.CO-SAMARINDA- Peserta TIM Cabang Fahmil Quran Putri dari Sumatera Selatan (Sumsel), akhirnya berhasil dinobatkan sebagai juara 1, pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXX Tahun 2024 di Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim).

Tim dengan peserta tiga orang anggota ini, yakni Bahja Mahmudah, Clara Asadin, dan Wanda Hamida, mampu menyisihkan lawannya di babak final. Sementara tim Fahmil putra harus kandas dibabak final dan harus puas diposisi runner-up (Juara 2) yang terdiri dari Ahmad Zain Ardilla, Ahmad Azka Annabil, serta Tanzil Ramadhan.

Final yang berlangsung di Gedung Obah Obaya Samarinda, Sabtu 14 September 2024. Tim Fahmil putri berhadapan dengan regu tuan rumah Kaltim dan regu dari Jawa Timur (Jatim). Sementara tim Fahmil putra juga berhadapan dengan tuan rumah Kaltim serta tim fahmil Riau. 

BACA JUGA: 54 Kafilah MTQ Sumsel Lolos Registrasi dan Siap Tampil Maksimal

Babak final diawali dari fahmil putri, berlangsung dalam dua sesi. Sesi pertama yaitu pertanyaan untuk masing-masing regu sebanyak 15 soal. Pada sesi ini nilai yang dikumpulkan setiap peraturan relatif berimbang. Sedangkan pada sesi dua berupa soal rebutan, juga sebanyak 15 soal. Pada soal rebutan ini, tim Sumsel dengan cepat meninggalkan dua pesaingnya, dan akhirnya dinobatkan sebagai juara 1.

Namun nasib yang belum beruntung dialami regu fahmil putra, namun tim Fahmil tuan rumah Kaltim yang melejit, yang kemudian menjadi juara 1. Sedangkan regu Sumsel harus puas di posisi runner up (juara II). 

Sementara utusan Sumsel yang melaju ke babak final pada cabang/golongan lainnya, hingga Sabtu malam 14 September 2024 belum diketahui hasilnya. Mereka adalah Taufikurrahman (Khattil Quran golongan Naskah putra). Kemudian Salsabilah Raudhatul Jannah (Tartil putri), Andini Putri Melati (Tilawah Canet putri), Ashabul Kahfi (Qira'at Murattal Dewasa), serta Eva Hafidhotu Rahmah (Hifzil Quran 30 juz putri). 

BACA JUGA: Tujuh Kafilah MTQN Sumsel Masuk Final

Bagi tim Fahmil Quran putra, maju ke babak final merupakan yang kedua untuk selamanya. Pada MTQ Nasional XXIX di Kalsel tahun 2022 lalu, juga masuk final dan menjadi runner up (juara 2), kalah dari Jatim. Sementara tim fahmil putri, untuk kali pertama masuk ke babak final, selama ikut MTQN. Karena itu bagi pencapaian Sumsel saat ini merupakan sejarah baru.


Tim Fahmil putra saat berlomba, namun berhasil di posisi Runner up-- 

Adapun untuk cabang Karya Tulis Ilmiah Alquran (KTIQ) yakni Nadia Azkiya (putri) dan M Ihsan Taufik (putra), yang sebelumnya diprediksi masuk final, ternyata hanya sampai babak semi final. Keduanya hanya meraih juara harapan 3.

Begitu juga untuk cabang Qira'at Mujawwad putri atas nama Lilis Suryani, juga hanya meraih juara harapan 1.

BACA JUGA: Luar Biasa, Sejarah Baru Putra-Putri Cabang Fahmil Quran Sumsel Masuk Final MTQN

Selain itu mereka yang meraih juara harapan 1 adalah Ahmad Azka Azkiro (Tartil putra), serta Abi Quhaffa (Tilawah Remaja putra). 

Sumber: