Beredar Foto Ketua Bawaslu OKI dengan Cawabup, Ketua AMSI Sumsel Berikan Klarifikasi

Beredar Foto Ketua Bawaslu OKI dengan Cawabup, Ketua AMSI Sumsel Berikan Klarifikasi

Foto lama Cawabup OKI Abdiyanto Fikri usai dilantik sebagai Ketua DPRD OKl.--

KAYUAGUNG, oganilir.co - Beredarnya foto Ketua Bawaslu OKI, Romi Maradona dengan salah satu Calon Wakil Bupati OKI, Abdiyanto Fikri di salah satu media online dianggap sebagai konten yang keliru (false).Hal ini diungkapkan oleh Ketua AMSI Sumsel, Ardhi Fitriansyah.

Pria yang akrab disapa Anang ini mengatakan, konten yang disebar tersebut merupakan salah satu jenis berita hoax yakni false context atau konten yang keliru. 

Menurutnya, foto tersebut memang benar  akan tetapi kejadian itu ditulis ulang dan tidak disesuaikan dengan fakta sebenarnya.

"Kita sudah melakukan penelusuran dan memang benar foto tersebut diambil pada tahun 2019 silam yang diposting oleh Akun Facebook Darfian Maharjaya," kata Anang, Jumat 11 Oktober 2024.

BACA JUGA:JADI Terima Rekomendasi B1 KWK PKB, Siap Menuju Pilkada OKI

Dia juga mengimbau kepada seluruh awak media untuk dapat mengkroscek ulang informasi yang didapat. "Cek dulu kebenarannya, jangan sampai membuat kegaduhan apalagi jelang pilkada seperti saat ini," ujarnya.

Sementara itu, Darfian Mahar Jaya Suprana, ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten OKI menyatakan, foto ketua Bawaslu dan Cawabup Abdiyanto itu adalah hasil dari Re-Pos yang diambil dari Akun Facebook miliknya.

"Foto tersebut saya posting pada 17 September 2019 sehari sebelum pelantikan Pak Abdiyanto sebagai Ketua DPRD OKI terpilih," kata dia.

Menurutnya, selain dirinya di dalam foto tersebut, juga ada beberapa wartawan yang hadir. Diantaranya Idham Syarief yang saat ini menjabat sebagai Ketua PWI OKI.

BACA JUGA:Pilkada OKI, NasDem Dukung Muri

Ditambahkan Darfian, pada saat itu Romi Maradona masih berprofesi sebagai jurnalis, belum menjadi Ketua Bawaslu dan dirinya bersama rekan-rekan yang lain saat itu diundang oleh Abdiyanto untuk melakukan peliputan pelantikan sebagai Ketua DPRD OKI.

"Sangat miris ketika foto itu beredar seolah-olah Ketua Bawaslu tidak netral, padahal itu foto lama yang diambil kemudian diposting ulang," 

Hal serupa juga diungkapkan Ketua PWI OKI Idham Syarief menurutnya foto itu merupakan foto lama dimana dirinya masih menjabat sebagai sekretaris PWI OKI.

Menurutnya, dirinya hadir pada pertemuan itu malam menjelang pelantikan Abdiyanto yang akan dilantik sebagai anggota DPRD OKI periode 2019 - 2024.

Sumber: