5 Minuman Alami yang Mampu Turunkan Kadar Gula Darah, Mudah Dibuat di Rumah

5 Minuman Alami yang Mampu Turunkan Kadar Gula Darah, Mudah Dibuat di Rumah

5 Minuman Alami yang Mampu Turunkan Kadar Gula Darah --

oganilir.co - Kadar gula darah adalah banyaknya zat gula atau glukosa di dalam darah. Meskipun senantiasa mengalami perubahan, kadar gula darah perlu dijaga dalam batas normal agar tidak terjadi gangguan di dalam tubuh.

Menerapkan gaya hidup sehat, seperti menjaga pola makan sehat dan rutin berolahraga, dapat membantu menurunkan dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Terdapat minum tertentu yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah agar stabil. Berikut 5 minuman alami yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah:

1. Teh Hijau

BACA JUGA:Catat ini 4 Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan

Teh hijau sejak lama dikenal sebagai minuman yang menyehatkan. Manfaat teh hijau berasal dari berbagai senyawa yang terkandung di dalamnya, salah satunya katekin.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Nutrition and Metabolism menemukan katekin dapat menghambat penyerapan karbohidrat di sistem pencernaan dan mengurangi stres oksidatif. Inilah yang kemudian membantu menurunkan kadar gula darah.

2. Jus Tomat

Jus tomat merupakan salah satu pilihan yang nikmat untuk menurunkan gula darah. Jus tomat mengandung serat yang membantu memperlambat pencernaan, sehingga menghambat penyerapan gula ke darah.

BACA JUGA:Catat, ini 4 Manfaat Buah Cempedak Bagi Kesehatan

Studi yang dipublikasikan di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition pada 2020 menunjukkan konsumsi 200 mililiter jus tomat 30 menit sebelum sarapan karbohidrat dapat mencegah kenaikan gula darah yang signifikan setelah makan.

3. Teh Hijau 

Sumber: