Hari Gini Masih Kutilan? Penyakit Kampung yang Bikin Malu. Berikut Tips Menghilangkannya

Hari Gini Masih Kutilan? Penyakit Kampung yang Bikin Malu. Berikut Tips Menghilangkannya

--

Kutilan atau dalam istilah medis  veruka adalah salah satu penyakit kulit yang menjengkelkan karena cukup sulit diatasi sendiri dan kambuh kambuhan. Yap, penyakit ini memang disebabkan oleh virus yang mudah menular.

Masalahnya jika kamu di era modern ini masih terkena penyakit kutil tentu saja akan menjadi masalah tersendiri. Karena kutil adalah penyakit kulit yang identic sebagai penyakit orang kampung dan bikin kita menjadi tidak percaya diri.

Meski wajah kamu glowing dan penampilan kamu trendy , tentu saja akan meresahkan dan membuat kamu turun percaya diri jika ada kutil yang tumbuh di tangan atau kaki kamu. Rasa rendah diri, malu, gelisah, gundah gulana semua berbaur menjadi satu.

Bagi mereka yang mempunyai tingkat kepercayaan dirinya tinggi, hal tersebut bisa jadi bukan suatu masalah yang besar, namun bagaimana dengan mereka yang tingkat kepercayaan dirinya pas-pasan?

Kutil (Dangkangan) atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan Veruka adalah penyakit yang ditandai dengan gejala peningkatan pertumbuhan jaringan kulit lokal (epidermis) yang disebabkan oleh virus Human Paplloma Virus (HPV) tipe tertentu.

Sebagaimana dengan penyakit lain yang disebabkan oleh virus, Veruka sangat menular terutama pada orang-orang yang kontak dekat dengan penderita.

Bersentuhan, bergesekan, merupakan beberapa perilaku yang disebut kontak dekat, karena penularannya terutama melalui kontak kulit maupun ceceran darah dari veruka yang terluka.

Menurut para ahli dibidang per-kutil-an, kutil atau Veruka dikelompokan menjadi beberapa kelompok, antara lain; Veruka Vulgaris, Veruka Plana Juvenilis, Veruka Plantaris dan Veruka Akuminatum. Walaupun dibeda-bedakan seperti itu, tetapi secara garis besar bentuk dan lokasi Veruka sama saja dan sama sekali tidak mempengaruhi proses pengobatan.

Pengobatan Veruka bisa mempergunakan berbagai cara. Dapat dengan meneteskan bahan bahan kimia yang bersifat kaustik/membakar, atau dengan menggunakan kombinasi gas CO2, N2 dan N2O yang dikenal dengan nama bedah beku.

Pengobatan yang paling umum dilakukan oleh para dokter yaitu dengan bedah listrik, bedah skapel dan yang paling canggih yaitu bedah laser. Teknik dari masing-masing proses pembedahan tersebut tidak dijelaskan disini karena sifatnya sangat teknis.

Cukup dengan pengobatan seperti yang disebutkan diatas, Veruka dapat sembuh dengan sempurna. Sayangnya pada beberapa pasien, angka kekambuhan dari Veruka sangat tinggi tanpa sebab yang jelas. Kekambuhan bisa terjadi pada tempat yang lain atau bisa juga pada bekas Veruka sebelumnya yang telah sembuh.

Akhirnya, jangan pelihara rasa malu karena kutil berlama-lama, segeralah berobat ke dokter. Kutil kamu hilang dan tetap percaya diri bertemu dengan siapapun.

Sumber: