Sis, Penting Baca Ini Buat Yang Suka Belanja COD Ya , Kasihan Kurir Yang Antar Paketmu, Wajib Bayar

Sis, Penting Baca Ini Buat Yang Suka Belanja COD Ya , Kasihan Kurir Yang Antar Paketmu, Wajib Bayar

--

Saat ini berbelanja barang atau kebutuhan rumah tangga sangatlah mudah.

Ada banyak platform yang bisa digunakan diantaranya marketplace, online shop, Sosmed online untuk mendapatkan barang atau kebutuhan yang diperlukan sesuai keinginan dan tentunya menyesuaikan harga yang pas di kantong.

Opsi pembayaranpun sekarang bisa kita pilih sesuai keinginan kita.

Bisa melalui tranfer langsung dan bayar langsung saat paket datang atau familiar disebut dengan COD (Cash On Delivery)

BACA JUGA:Bisa Dapat DANA 300 Ribu/Jam, Cuma Salin Rekaman Meeting di Kantor Kamu

Opsi pembayaran COD sejatinya untuk memudahkan konsumen saat belanja online .

Dengan model pembayaran COD , konsumen bisa memastikan paket barang yang dipesannya sesuai dengan pesanan dan dalam kondisi baik alias tidak rusak saat pengantaran.

CEO Belijek Express St Reno Irawan menerangkan ada beberapa etika bagi konsumen saat berbelanja online shop di berbagai platform dengan metode pembayaran COD .

1. Memastikan Alamat Sesuai Dengan Pesanan Paket

BACA JUGA:Khusus Buat Kamu , Kode Redeem FF , Malam ini Hangus

Konsumen harus memahami, kurir pengantar paket dalam menjalankan pekerjaan setiap hari bertanggungjawab mengantar puluha paket dalam satu area tertentu.

Untuk memastikan paket dengan pembayaran COD segera mendarat ke tangan konsumen , alamat yang tertulis di paket harus jelas dan lengkap.

 Penulisan alamat yang tidak lengkap membuat kurir pengantaran paket akan lebih lama mengirim paket karena kesulitan menemukan alamat yang dituju.

2. Pastikan Nomor Telpon Aktif

BACA JUGA:Bukan Kaleng Kaleng. Ini Dia Laptop Untuk Pro Player Gaming . ROG Zephyrus Duo


Hal kedua setelah menuliskan alamat yang lengkap adalah juga mencantumkan nomor telepon yang aktif.

 Dengan pencantuman nomor telpon yang bisa dihubungi akan memudahkan kurir pengantar paket saat kesulitan menemukan rumah konsumen.

kurir biasanya akan menghubungi nomor telepon yang tertera di paket agar memudahkan dan mendapat panduan untuk lebih cepat mengantar paket sesuai alamat.

3. Siapkan Uang Cash

BACA JUGA:Ikuti Survey Ini. Mudah dan Pasti Dapat Imbalan Dana . Cocok Buat Pemula

Ini yang paling penting dalam proses pengiriman paket denga model COD. Konsumen harus memastikan dan menyiapkan uang cash sesuai dengan harga yang tertera di harga paket.
 
Jika konsumen pada saat pengantaran paket tidak berada di tempat , sebaiknya menitipkan uang pembayaran paket ke family atau tetangga .

Untuk pengiriman paket dengan alamat kantor, bisa juga menitipkan uang pembayaran ke teman sejawat.

Kurir biasanya akan menunda pengiriman dan penyerahan paket COD jika proses pembayaran juga tidak didapatkan pada hari pengiriman.

BACA JUGA:Gaes Ada Lagi Nih , Aplikasi Penghasil Saldo DANA Gratis, Cukup Buka Link , Pasti Berhasil

 Ini tentunya akan merepotkan piha ekspedisi/kurir untuk keberhasilan proses pengiriman sesuai jadwal.

4. Jangan Pura Pura Tidak Pesan Paket

Akhir akhir ini sering terjadi “drama” antara kurir pengantar COD dengan konsumen. Salah satu masalah yang sering muncul yakni konsumen merasa tidak memesan paket atau pura pura tidak pesan paket.

Peru diperhatikan, pihak Ekspedisi atau kurir dalam proses pengirima paket tentunya berdasarkan requested atau panduan saat konsumen berbelanja online.

BACA JUGA:Mantab, Bansos 600 Ribu tahun 2023 Segera Cair Lagi, Cek Namamu di Aplikasi Cek bansos

Proses tracking saat kinsumen berbelanja online akan mudah terlihat apalagi di platform Marketplace. Kurir tentunya mengirimkan paket sesuai pesanan dan alamat yang dituju.

Untuk itu jika konsumen berbelanja online dengan COD pastikan untuk dibayar. Jika tidak, maka konsumen nakal seperti ini akan di blacklist oleh Seller atau Marketplace .

5. Bersikap Sopan dengan Kurir

Banyak konsumen saat berbelanja online dengan COD merasa tidak puas atau bahkan merasa tertipu karena paket diterima tidak sesuai pesanan.

BACA JUGA:Limit Paylater Traveloka Bisa Sampai 50 Juta. Selain Untuk Biaya Staycation Juga Bisa Belanja Online Shop

Karena kesal, kadang pelampiasan kemarahan langsung ditujukan kepada kurir pengantar paket. Ini yang harus menjadi perhatian.

Kurir adalah penghubung antara seller dan konsumen. Jika terjadi kesalahan atau paket tidak sesuai pesanan, sebaiknya langsung mengkonfirmasi ke pihak seller atau marketplace saat membeli paket

Memaarahi dan bersikap kasar kepada kurir adalah kesalahan. Justru, alangkah baiknya meminta bantuan kurir pengiriman paket untuk meminta paket tersebut di retur atau dikembalikan dan pembayaran COD ditangguhkan.

Demikian etika dan tata cara saat berbelanja online dengan metode COD. Pastikan pembayaranmu. Agar bisa belanja dengan nyaman dan barang cepat sampai.

 

Sumber: