Sepeda Motor Tiba-tiba Terbakar Saat Mengisi Pertalite di SPBU Musi Rawas, Bagaimana Kondisinya

Sepeda Motor Tiba-tiba Terbakar Saat Mengisi Pertalite di SPBU Musi Rawas, Bagaimana Kondisinya

Api tampak membakar sepeda motor milik Andre di SPBU Musi Rawas saat melakukan pengisian bahan bakar jenis pertalite Sabtu, 10 September 2022. foto: tangkapan layar video warga --

MUSI RAWAS, OGANILIR.CO - Stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) nyaris ludes terbakar, saat sepeda motor milik konsumen tiba-tiba mengeluarkan api.

Kejadiannya saat pengendara sepeda motor bernama Andre sedang melakukan pengisian bahan bahan bakar jenis pertalite, Sabtu, 10 September 2022, sekitar pukul 15.30 WIB sore. 

Tempak kejadian di SPBU PT Winasta Caroline, Jalan Lintas Sekayu-Lubuklinggau, Desa Lubuk Rumbai, Kecamatan Tuah Negeri, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan.

Videonya beredar luas di media sosial facebook dan instagram menuai beragam tanggapan. Kebakaran sepada motor itu sempat membuat panik petugas SPBU dan pengendara yang aan mengisi BBM.

Kapolres Musi Rawas AKBP Achmad Gusti Hartono SIK, melalui Kapolsek Muara Kelingi, AKP Hendrawan menerangkan, begitu mendapat kabar kebakaran tersebut anggotanya langsung ke lokasi kejadian. 

"Kebakaran tersebut terjadi di pompa 02 Pertalite. Saat sepeda motor isi Pertalite," jelas Kapolsek, Minggu, 11 September 2022.

Hendrawan menjelaskan, kejadian bermula saat  petugas pengisian SPBU bernama Bambang melayani konsumen Andre, yang mengendarai sepeda motor jenis Thunder warna hitam dan informasinya sepeda motor dalam keadaan mati.

Pada saat memasukan nozel ke tangki sepeda motor, tiba-tiba petugas SPBU Bambang melihat api muncul dari tangki sepeda motor milik Andre. 

Kemudian Bambang berusaha mencabut nozel secepatnya, sementara Andre mendorong sepeda motor itu dibantu warga lain. tujuannya agar dapat menjauh dari lokasi pengisian minyak dan menghindari dampak lebih fatal.

"Namun sepeda motor tersebut karena mengeluarkan api, panas dan terguling,  minyak dari tangki sepeda motor malah tumpah sehingga api makin membesar," jelas Kapolsek lagi. 

Melihat api makin merambat, petugas SPBU dan petugas pengaman SPBU mengambil alat pemadam api Appar dan berusaha memadamkan api, dan sekitar 10 menit api baru berhasil dipadamkan dan dilakukan upaya pendinginan. 

Dari keterangan Bambang dan petugas pengamanan, pada saat kejadian tidak ada antrian di pompa 02 pertalite, hanya ada beberapa sepeda motor saja yang akan melakukan pengisian.

Apalagi pada sore itu SPBU rencananya akan tutup selesai melakukan pelayanan kepada para konsumen.

"Tidak ada kerugian materil berupa pompa 02 pertalite, yang terbakar berupa stiker dan papan tombol,  dan sepeda motor saudara Andre pada jok dan spakbor," katanya. 

Sumber: