Sebagian Besar Warga Binaan Lapas Muara Enim Alami Penyakit Kulit

Sebagian Besar Warga Binaan Lapas Muara Enim Alami Penyakit Kulit

Sosialisasi dan Penyuluhan pola hidup bersih di Lapas Muara Enim. foto : gite/oganilir.co--

MUARA ENIM, OGANILIR.CO – Penyakit kulit merupakan penyakit yang kerap dialami para penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Muara Enim.

Hal tersebut diungkapkan saat sosialisasi dan penyuluhan pola hidup bersih di Lapas Muara Enim, Rabu 8 Maret 2023.

Dokter Puskesmas Muara Enim, dr Romi Romadon mengatakan penyakit yang biasa dialami warga binaan lapas adalah penyakit kulit karena kutu dan lain lain.

BACA JUGA:Sebagian Besar Warga Binaan Lapas Muara Enim Alami Penyakit Kulit

“Ya itu biasa terjadi, karena mereka kurang menjalankan pola hidup bersih, mungkin mandinya asal basah saja, bisa jadi tidak mandi karena malas dan lain lain,” ujarnya.

Biasanya penyakit tersebut ada yang menular tapi terbilang merupakan penyakit ringan dan biasa diobati dengan salep.

“Itu kalau sudah terjadi, untuk itu lebih baik dicegah dan caranya gampang ya pola hidup bersih tadi,” tuturnya.

Untuk itu, setiap tiga bulan sekali Puskesmas datang ke Lapas Muara Enim guna memeriksa kesehatan para penghuni baik tahanan maupun warga binaan.

“Itu rutin kami laksanakan, dan kebetulan untuk saat ini bertepatan dengan rangkaian hari bakti pemasyarakatan jadi kita lakukan sosialisasi,” bebernya.

Kasi Pembinaan Narapidana Anak Didik dan Kegiatan Kerja Lapas Muara Enim didampingi Kasubsi Perawatan Anton Sandrayadi mengatakan setiap hari dilaksanakan pemeriksaan kesehatan ke sel untuk memastikan kesehatan para penghuni.

“Jadi mereka bisa sampaikan keluhan ke kami kalau mengalami gangguan kesehatan,” tuturnya.

Biasanya memang penyakit yang banyak ditemui adalah penyakit kulit bukanlah penyakit yang berat, kecuali penyakit bawaan.

“Mungkin mereka tidak melaksanakan pola hidup bersih, padahal air kami melimpah, jadi memang harus di sosialisasikan agar para tahanan ataupun warga binaan menjalankannya,” tukasnya. (way)

 

Sumber: