Tanah Jajahan Series , Negeri Makmur Ladang Subur Kolonialisme

Tanah Jajahan Series , Negeri Makmur Ladang Subur Kolonialisme

VOC datang pertama kali di Nusantara--


Semangat untuk merdeka dari negara kolonial ini, menjadi amunisi bagi daerah daerah di nusantara untuk bersama sama melawan praktik kolonialisme .


Kekuatan rakyat menjadi energi dan akhirnya bisa mewujudkan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Meski demikian para penjajah khususnya Belanda rupanya tidak rela melihat Indonesia merdeka.


Hal tersebut terlihat saat agresi militer Belanda pada tahun 1947 dan 1949. Lagi lagi kekuatan rakyat Indonesia yang tergaung mulai dari laskar hingga tentara rakyat yang menjadi cikal bakal TNI berhasil memukul mundur agresi Belanda .


Kedatangan negara negara penjajah seperti Portugis , Inggris dan Belanda yang awalnya hanya untuk mencari sumber daya alam untuk komiditi yang diperjualbelikan di Eropa , berubah menjadi penjajahan kepada rakyat dengan berbagai penindasan yang dilakukan ratusan tahun.


Indonesia memang pernah menjadi tanah jajahn, tapi kini nama negara Indonesia mulai diperhitungkan dalam kancah ekonomi dan politik internasional.


 Meski demikian, bukan penjajahan secara langssung sduah selesai. Negeri akmur tanah subur Indonesia tetap menjadi daya tarik bagi para “penjajah baru” untuk mendapat keuntungan dengan kolonialisme modern. (Eno)



Sumber: