Catat, ini Tips Lengkap Merawat Mobil Tua
Mobil tua.--
Pemilik mobil tua bisa mengganti thermostat, radiator, extra fan, visco fan, selang radiator, dan sensor-sensor yang berhubungan dengan sistem pendinginan. Sebab, masalah pendinginan mesin menjadi salah satu isu yang kerap ditakuti oleh orang awam.
BACA JUGA:Mau Panen Anggur di Rumah Sendiri, Ini 7 Tips Tanam Anggur Dalam Pot
Mobil yang overheat ini biasanya diakibatkan oleh adanya kerusakan di bagian sistem pendinginan. Makanya penting bagi Anda untuk mengecek bagian ini.
4. Membersihkan Jalur Bensin
Jalur bensin atau bahan bakar sebaiknya dicek secara menyeluruh dan akan lebih jika dibersihkan. Tujuannya untuk memperlancar suplai bahan bakar yang akan dikirimkan ke bagian mesin.
Membersihkan jalur bensin lumrah dilakukan oleh para pemilik mobil tua untuk menghindari mesin mogok akibat bahan bakarnya tercampur kotoran. Sebab, mobil tua terkadang memiliki endapan dan kotoran yang ada di tangki.
Pemilik mobil tua bisa menguras tangki BBM, mengganti selang bensin, membersihkan injektor atau karburator, mengganti pompa bahan bakar, dan mengganti filter bensin.
Kok banyak yang harus diganti?
BACA JUGA:Tips Puasa Sehat, Makan Sahur dan Buka Jangan Berlebihan
Jika dilihat memang banyak, namun ini menjadi salah satu tips merawat mobil tua yang biasanya dilakukan oleh pemiliknya. Bahan bakar yang bersih juga akan membuat mesin menjadi lebih baik performanya dan tentu lebih awet usia pakainya.
5. Mengecek AC Mobil
Tips selanjutnya dalam merawat mobil tua tentunya jangan lupa mengecek kondisi AC mobil juga ya. AC mobil penting sekali untuk memberikan kenyamanan saat berkendara.
Pernahkah Anda terbayang jika sewaktu-waktu AC mobil tua tidak berfungsi di siang hari? Sudah pasti pemiliknya akan langsung sauna. Atau berada dalam ruangan tertutup tanpa ventilasi udara.
Untuk menghindari hal itu, pemilik mobil tua juga wajib memeriksa kondisi AC mobil secara berkala. Cara termudah melakukan perawatan AC adalah dengan menguras freon dan oli kompresor secara berkala.
Biaya yang dikeluarkan untuk menguras freon dan mengganti oli kompresor juga tidak terlalu mahal, sekitar Rp250 ribu sampai Rp300 ribuan. Sayangnya hal ini sangat jarang dilakukan oleh pemilik mobil.
Sumber: