Catat, ini Tips Lengkap Merawat Mobil Tua

Catat, ini Tips Lengkap Merawat Mobil Tua

Mobil tua.--

BACA JUGA:Sudahkah Anda Makan Hari Ini? Berikut Tips Makan Sehat Hindari Obesitas

Mereka umumnya hanya memakai mobil dan menganggap jika AC masih dingin berarti tidak perlu dicek. Padahal mengecek kondisi AC juga harus dilakukan berkala untuk menjaga komponen AC tetap dalam kondisi maksimal.

Ingat, perbaikan AC mobil termasuk yang cukup menguras kantong. Setidaknya bisa menghabiskan Rp5 juta sampai Rp10 jutaan jika sistem AC mobil sudah rusak parah.

6. Mengecek Kelistrikan

Hal satu ini juga wajib di cek ketika hendak memelihara mobil tua. Kelistrikan mobil yang ideal umumnya memiliki tegangan 12,3 volt hingga 14 volt. 

Lebih atau kurang dari angka tersebut umumnya ada yang bermasalah di bagian kelistrikan. Cek bagian aki ataupun alternator yang menjadi penghasil listrik di mobil.

Jika alternator lemah umumnya tegangan akan berkurang ketika AC dan lampu dinyalakan. Lalu, bagaimana kita bisa mengetahui adanya masalah di bagian kelistrikan?

BACA JUGA:Sebentar Lagi Lebaran, Ini 9 Tips Mudik Asyik Dengan Kendaraan Pribadi

Yang pertama bisa menggunakan voltmeter yang di cek ke bagian aki ketika mobil menyala. Lihat tegangan listrik saat mobil stasioner tanpa beban dan dengan beban.

Idealnya tegangan mobil tanpa beban berada di 13 sampai 14 volt. Lalu ketika beban seperti AC mobil, lampu utama, radio, wiper, fog lamp dinyalakan, usahakan tegangan tidak boleh di bawah 12 volt. 

Idealnya saat beban penuh tegangan mobil minimal di angka 12,5 volt. Jika berada di atas itu justru akan lebih baik.

Cara kedua bisa menggunakan voltmeter yang dipasang di lubang lighter. Setidaknya kita bisa tahu kisaran tegangan yang dihasilkan saat mobil sedang menyala. 

6. Mobil Tua Harus Rutin Dikendarai

Ada anggapan jika ingin punya mobil tua, tips merawatnya adalah dengan cara menaruhnya di garasi.Pemiliknya tetap menggunakan mobil tersebut minimal 1 kali dalam seminggu.

BACA JUGA:Tips Dapatkan Dana Tambahan Untuk Uang Belanja Keluarga

Sumber: