Pemilu 2024 Sistem Proporsional Terbuka, Ketua Partai di Prabumulih Semringah

Pemilu 2024 Sistem Proporsional Terbuka, Ketua Partai di Prabumulih Semringah

Pengurus DPC Partai Demokrat Prabumulih. --

Pemilu 2024 Sistem Proporsional Terbuka, Ketua Partai di Prabumulih Semringah

PRABUMULIH, oganilir.co - Pengurus DPC Partai Demokrat Prabumulih menyambut baik putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menentukan pemilu 2024 menggunakan sistem proporsional terbuka. Ya, hakim MK akhirnya menolak gugatan uji materi terhadap UU Pemilu No 7 Tahun 2017 yang diajukan beberapa pemohon. 

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Prabumulih, Deni Victoria SH MSi mengaku menyambut baik putusan MK yang menolak sistem pemilu tertutup dan pemilu legislatif 2024 tetap terbuka. Terlebih sistem tersebut sudah lama digunakan, sejak pemilu 2004 silam.

"Dengan sistem terbuka maka semua calon memiliki peluang untuk jadi anggota DPRD Prabumulih dan akan menimbulkan semangat bersaing antar calon," kata Deni Victoria, Jumat 16 Juni 2023.

Dia mengaku, tentu semua akan semangat dan semua berpeluang bisa duduk di kursi DPRD, karena suara terbanyak yang akan duduk sebagai wakil rakyat. 

BACA JUGA:Klaim Denny Indrayana tak Terbukti, MK Putuskan Pemilu Proporsional Terbuka

Dia mencontohkan, meski caleg itu nomor 12, jika dia mendapat banyak suara tentu akan bisa jadi terpilih duduk di DPRD. Sebaliknya, jika sistem tertutup maka peluang besar hanya di nomor urut 1 atau 2 saja. 

"Hanya caleg nomor jadi yang akan duduk menjadi wakil rakyat," ujarnya.

Disinggung apakah akan melakukan perubahan komposisi calon di DCS yang diajukan ke KPU nantinya ? Pria yang dikenal sebagai pengusaha sukses di Kota nanas itu mengaku susunan yang telah didaftarkan pihaknya telah fix tidak akan diubah. "Kita sudah kondisi siap tempur, mau terbuka atau tertutup kita siap namun alhamdulilah telah ditetapkan MK sistem terbuka," tegasnya.

Deni Victoria mengaku dengan sistem terbuka juga membuat target pihaknya untuk menduduki kursi ketua DPRD Prabumulih terbuka lebar. "Tentu target kita untuk meraih kursi sebanyaknya dan menduduki kursi ketua DPRD Prabumulih makin terbuka lebar," tukasnya.

Deni mengaku telah memerintahkan seluruh kader turun ke masyarakat melakukan sosialisasi dan merebut hati masyarakat sehingga dapat memilih dalam pileg ke depan. "Seluruh kader kami sejak dulu telah turun ke lapangan, dengan putusan ini kami harap makin semangat dekat dengan masyarakat dan merebut simpati serta hari masyarakat," harapnya. 

BACA JUGA:Kirab Pemilu 2024 Bakal Di Gelar, Bupati Panca Terima Audiensi KPU Ogan Ilir

Hal  yang sama juga diungkapkan Ketua DPD Partai NasDem Kota Prabumulih, Suherli Berlian. Dia menyambut baik putusan MK soal pemilu sistem terbuka. "Partai Nasdem menilai sistem proporsional terbuka sebagai praktik demokrasi yang ideal karena sistem proporsional terbuka memungkinkan beragam latar belakang sosial seseorang untuk bisa terlibat dalam politic electoral," pungkasnya.  

Sumber: